Konten Berita

Merekam Solidaritas Kerelawanan Melalui Tagar #ThaiCaveRescue

SRUpdate, Depok (7/11)- Tagar #ThaiCaveRescue membanjiri media sosial menyertai proses penyelamatan yang heroik. Kisah penyelamatan 12 orang remaja dan 1 pelatih tim sepakbola yang terjebak di Gua Tahm Luang Thailand melibatkan solidaritas berbagai pihak. Selain banyaknya tim ahli yang turut membantu aksi ini, banyak para relawan yang ikut berperan menunjukan kepedulian.

Kisah penyelamatan  ke  12 orang remaja bersama pelatih sepak bolanya ini bermula saat mereka terjebak di dalam gua Tham Luang di sisi utara Thailand saat hujan deras membanjiri gua. Ke 12 remaja dan pelatih sepak bola terjebak sejak 23 juni lalu. Gua Tham Luang sendiri seperti labirin dengan celah beragam ukuran. Ketinggian beberapa celah melebihi 10 meter sedangkan celah lainnya begitu sempit dan direndam air.

Hal ini menjadi potensi bahaya bagi regu penyelamat, seorang mantan penyelam Angkatan Laut Tahiland bernama Saman Gunan (38) yang menjadi tim pemasok suplai tabung udara bahkan gugur dalam aksi heroik penyelamatan para remaja ini.Saman hilang kesadaran lalu tenggelam saat hendak keluar dari Gua Tham Luang setelah mengirim pasokan perbekalan untuk kelompok remaja tersebut.

Solidaritas  global terbangun dalam aksi kerelewanan yang mendunia ini,  tim penyelam hingga dokter datang dari berbagai negara untuk bergotong-royong menyelamatkan para remaja  yang terjebak selama belasan hari. 

Salah satu relawan yang ikut membantu langsung ke lokasi adalah Yo Sato (27), seperti yang dilansir oleh Detik.com, Yo Sato tinggal di London Timur, ia seorang guru bahasa Inggris yang memutuskan kembali ke Thailand untuk membantu menjadi penerjemah bagi para polisi mancanegara yang bertugas dalam operasi penyelamatan.

Selain solidaritas para relawan dan tim penyelamat yang ikut membantu langsung, media sosial pun menjadi media pemantik terbangunnya solidaritas kerelawanan yang mendunia melalui tagar #ThaiCaveRescue

Berbagai postingan berisikan doa, ucapan penyemangat hingga kabar terupdate tentang  proses penyelamatan para remaja meramaikan tagar #ThaiCaveRescue yang mendunia.  Para netizen dari berbagai dunia beramai-ramai  memberikan support bagi aksi heroik tersebut.

Aksi penyelamatan berujung bahagia setelah 12 orang remaja anggota tim sepak bola dan seorang pelatihnya berhasil diselamatkan, hal ini disampaikan langsung oleh Angkatan Laut Thailand melalui postingan resminya  dalam Facebook.

"12 orang anggota tim sepakbola 'Wild Boars' dan pelatihnya sudah dikeluarkan dari gua dan mereka selamat," demikian pernyataan Angkatan Laut Thailand seperti dilansir Reuters, Selasa (10/7/2018).

#ThaiCaveRescue tidak hanya menjadi viral dan mendunia sebagai sebuah trend media sosiak semata, melainkan juga menjadi bukti tentang terpantiknya semangat kerelawanan dan solidaritas kemanusiaan melalui media sosial. #ThaiCaveRescue menambah daftar tagar solidaritas kemanusiaan yang mendunia.

Efek media sosial memanglah sangatlah massive, pada gerakan kampanye kemanusiaan seperti ini media sosial dalam memobilisasi semangat  untuk bersolidaritas warganet untuk memberikan doa dan kepeduliannya meskipun hanya melalui tagar.

  • Bagikan Artikel