Dampak Covid-19 yang Berpengaruh Pada Perilaku Gaya Hidup Sehat Masyarakat

sekolahrelawan.com (13/6/2020) Pandemi Covid- 19 memang banyak memberikan dampak di kehidupan kita saat ini,seperti berdampak pada ekenomi, dan kesehatan lebih tepatnya pada gaya hidup sehat, menurut data Badan Pusat Statistik kini banyak orang menjadi lebih sadar tentang prilaku hidup bersih dan sehat, demi melakukan pencegahan yakni dengan cara-cara seperti berikut ini.

Menjadi Rajin Mencuci Tangan

Mencuci tangan menjadi upaya pencegahan utama, tetapi bukan sekedar mencuci tangan dengan air saja, mencuci tangan yang baik dan benar yakni menggunakan sabun antiseptik dan juga air mengalir selama 20 detik, dan kini banyak orang yang telah menerapkan kebiasaan cuci tangan yang lebih baik dari sebelumnya. Menurut data dari Badan Pusat Statistik menunjukan bahwa sebanyak 80,20% reponden menyatakan sering/selalu mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik.

tapi tahukah kamu kenapa kita harus mencuci tangan setidaknya selama 20 detik? Ini karena sabun membutuhkan waktu untuk mengikat molekul air serta minyak secara bersamaan, waktu 20 detik ini juga diperlukan untuk menghilangkan kuman yang nantinya akan terbuang bersama aliran air tersebut. Hal ini pun telah di rekomendasikan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), yang menyatakan bahwa hal ini perlu dilakukan untuk memastikan tangan kita tidak menyebarkan patogen yakni mikroorganisme yang mampu menyebabkan penyakit. 


Menggunakan Masker Saat Keluar Rumah 

Pola hidup bersih dan sehat yang saat ini mulai diterapkan selanjutnya ialah memakai masker saat berpergian, bukan hanya sebagai upaya pencegehan Covid-19, dilansir dari Alodokter.com menggunakan masker juga memiliki beberapa manfaat yakni :(1) Menghindari paparan polusi udara, (2) Mencegah penularan dan penyebaran penyakit, (3) Melindungi wajah dari efek negatif sinar matahari. 

Dan kini penggunaan masker pun mulai diterapkan, menurut data Badan Pusat Statistik sebanyak 80,2% responden memakai masker ketika keluar rumah. Namun memilih masker mulut juga perlu diperhatikan, tak semua masker mampu melindungi kita dari kuman atau virus, maka disarankan agar kita memilih Masker jenis N95 atau Masker Bedah.


Memakai Hand Sanitizer


Mungkin sebelumnya pentingnya menggunakan hand sanitizer untuk membersihkan tangan saat aktivitas belum banyak disadari, namun kini banyak orang yang telah memahami pentingnya menjaga kebersihan tangan dengan hand sanitizer dikala beraktivitas, dari data Badan Pusat Statistik menunjukan sebanyak 64,42% responden sering menggunakan hand sanitizer dikala tidak ada air dan sabun. 


Perempuan Lebih Disiplin dalam Melakukan Pencegahan

Tahukah kamu? bahwa responden perempuan lebih disiplin dalam menjaga kebersihan dengan sering atau selalu cuci tangan menggunakan sabun dibandingkan dengan responden laki-laki lho.

Kawan baik, terus semangat ya menjalani hari-hari meski di tengah pandemi, tetap sehat dan terus lakukan pencegahan yaa.