Pahala Istimewa Untuk Kita Ketika Berqurban

sekolahrelawan.com (3/6/2020) Setelah merayakan Hari Raya Idul Fitri, kita sebagai umat muslim akan merayakan Idul Adha dengan melaksanakan ibadah haji dan berqurban yang diperingati setiap tanggal 10 di bulan Dzulhijjah. Ibadah berqurban ternyata memiliki keistimewaan yang luar biasa, dan pahalanya pun telah dijelaskan dalam Al qur'an dan hadist seperti berikut ini.

Mendapatkan Ampunan Allah SWT

Sebagai hamba-Nya, yang kita butuhkan adalah pahala dan ampunan untuk bekal kita di akhirat kelak. Berqurban menjadi salah satu ibadah yang mampu mendekatkan kita pada ampunan dari Allah Subhanahu wa ta'ala, dijelaskan oleh baginda Rasulullah SAW dalam hadist yaitu :

"Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa-dosa yang kamu lakukan. Dan bacalah "sesungguhnya sholatku, sembelihanku, hidupku dan matiku hanya untuk Allah, Tuhan semesta alam" (HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi).

Belajar Untuk Iklash

Sesungguhnya berqurban mengajarkan kita untuk iklash mengorbankan harta atau hewan ternak yang kita miliki dijalan Allah SWT, hanya dengan mengharapkan ampunan serta pahala dari Allah ta'ala kepada kita, belajar dari perintah berqurban dari Allah ta'ala pada Nabi Ibrahim as dan putranya Nabi Ismail as yang iklash menjalankan perintah berqurban dengan iklash walaupun berkorban jiwa dan raga.

Didoakan Malaikat

Istimewanya pahala kebaikan orang yang berqurban, sampai ia pun mendapatkan doa kebaikan dari malaikat atas izin Allah ta'ala, dalam hadist pun turut dijelaskan bahwa :

"Karena setiap pagi Allah mengutus dua malaikat, yang satu berdoa "Ya Allah berikanlah ganti bagi orang yang berinfaq" Dan yang kedua berdoa " Ya Allah berikanlah kehancuran bagi orang yang menahan hartanya (pelit)". (HR Al-Bukhari 1374 & Muslim 1010).

Pahala Sebab Bersyukur

Ibadah berqurban adalah bentuk rasa syukur kita atas nikmat pemberian dari Allah ta'ala pada kita, buka tentang nilai harta namun seberapa ikhlash kita mengorbankannya dan menjadikannya sedekah untuk orang lain tanpa menimbulkan sikap ria. Allah Subhanahu wa ta'ala telah berfirman :

"Dan bagi setiap umat kami berikan tuntunan berqurban agar kan kalian mengingat nama Allah atas rezeki yang dilimpahkan kepada kalian berupa hewan-hewan ternak (bahiimatul an'aam)" (QS Al Hajj :34).

Kini kawan baik bisa berqurban dengan aman dan sesuai syariat islam bersama Sekolah Relawan, yuk berqurban demi pahala kebaikan.