3 Hal Ini yang Harus Kamu Kuasai Untuk Menghadapi Situasi Darurat

3 Hal Ini yang Harus Kamu Kuasai Untuk Menghadapi Situasi Darurat

sekolahrelawan.com (17/2/2020)- Situasi darurat bisa terjadi kapan saja, untuk mengantisipasinya kita harus memiliki kesiapsiagaan baik dalam bentuk pengetahuan dan tindakan Ada tiga hal penting yang harus kamu kuasai untuk menghadapi  situasi darurat yang bisa terjadi kapanpun dan dimanapun.

Mitigasi Saat Terjadi Gempa

image by Google

Gempa bumi yang terjadi sudah pasti menimbulkan kepanikan, ketika gempa itu terjadi banyak yang mencoba melakukan penyelamatan diri, tetapi justru melakukan hal yang sebaliknya. Kita cenderung panik dan malah membahayakan diri sendiri. Belajar dari hal ini maka penting untuk kamu memahami bagaimana cara melakukan tindakan yang tepat saat yaitu dengan melakukan :

Berdoa dan Jangan panik, berdoa akan membuat kamu yakin akan keluar dengan selamat.

Berlindung di tempat yang kuat, berlindung dibawah meja atau segera keluar ruangan jika memungkinkan.

Jangan nekat naik lift, resiko tinggi terjadinya korsleting listrik yang mampu membuat lift macet dan terjatuh saat gempa.

Tindakan Pertolongan Pertama

image by Pinterest

Ada banyak hal yang bisa terjadi kepada orang-orang di sekitar kita, kecelakaan, sakit bahkan tersedak. Seringkali kita tidak tahu tindakan apa yang harus kita lakukan untuk menyelamatkan mereka, maka dari itu Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPG) harus kita kuasai.


Tindakan pertolongan pertama harus kamu ketahui untuk situasi darurat yang biasa terjadi yaitu :

Tersedak, tersedak bisa sangat berbahaya yang harus kamu lakukan ialah memberikan 5 pukulan di tulang belikat (Skapula) dengan menggunakan tumit tangan dan lakukan tekanan pada perut (Maneuver Heimlich)

Penanganan luka bakar ringan, yaitu jauhkan dari sumber panas, dan mendinginkan luka bakar dengan air baik dengan suhu normal ataupun hangat selama 20 menit.

Penanganan Orang Pingsan, posisikan secara telentang dan naikkan kakinya lebih tinggi sekitar 30 cm dari dada, longgarkan pakaiannya dan ketika sadar berikan ia minuman manis seperti teh manis untuk mengembalikan tenaga.

Penanganan Kebakaran Ringan

image by Google

Bagaikan api makan ilalang kering, tiada dapat dipadamkan lagi

Seperti sebuah peribahasa yang berarti, orang yang lemah tiada berdaya menolak bencana yang menimpanya. Bencana memiliki kesempatan dimana saja dan kapan saja untuk terjadi. Jika kita tidak siap, maka kita tidak berdaya untuk menolak bencana tersebut.

Salah satunya adalah kebakaran, kebakaran selalu diawali oleh pantikan api yang kecil, jika kita tidak siap menangani api itu, maka bersiap-siaplah api yang besar akan menimpa kita.

Nah, saat kebakaran terjadi kamu harus memadamkan api secara langsung dengan alat pemadam api ringan (APAR) atau karung basah, jika sulit bernapas maka merunduklah ke bawah dan tutup hidung serta mulut dengan kain basah lalu keluarlah lewat pintu atau jendela menuju tempat yang lebih aman.

Oleh sebab itu pelatihan dalam menghadapi situasi darurat amatlah penting untuk kita semua, hal ini juga telah diperhatikan Sekolah Relawan melalui Emergency Situations Training yang akan memberikan pelatihan secara terpadu yang tak hanya teori namun juga dipadati dengan praktek langsung. Sehingga kita bisa memiliki kemampuan penyelamatan diri untuk menghadapi situasi darurat, dan kita juga bisa lebih sigap untuk menolong sekitar kita. 

<span style="color: inherit;">oleh:Novi
editor:Izhar
</span>