4 Faktor ini Buat Indonesia Jadi Wilayah Rawan Bencana Alam

sekolahrelawan.com (11/3/2020)- Sudah sejak lama Indonesia dibayang-bayangi bencana alam setiap waktunya, banjir, gempa bumi, gunung meletus, longsor dan bencana-bencana lainnya sudah akrab dengan masyarakat sejak jaman nenek moyang. Korban yang berjatuhan pun sudah tak terhitung, selain karena kehendak Tuhan, ternyata ada faktor-faktor yang melandasi Indonesia menjadi salah satu wilayah paling rawan bencana.

Indonesia Berada di Jalur Wilayah Cincin Api Pasifik

image by Google

Faktor pertama yaitu karena Indonesia merupakan negara yang berada di jalur wilayah cincin api pasifik, sebenarnya apa sih cincin api pasifik itu? Cincin api atau lingkaran api pasifik adalah daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan di Samudra Pasifik, cincin api ini berbentuk seperti tapal kuda mencakup wilayah sepanjang 40.000 km, atau bisa disebut sebagai sabuk gempa pasifik.

Kondisi inilah yang membuat Indonesia memiliki banyak gunung berapi, berkaca dari hal ini maka tak heran jika di Indonesia sering terjadi erupsi vulkanik yang membuat pergerakan dasar bumi Indonesia begitu aktif sehingga resiko terjadinya gempa bumi pun cukup besar.

Wilayah Indonesia Berada di Jalur Sabuk Alpide

image by Google

Faktor kedua karena wilayah Indonesia berada di jalur sabuk alpide, sabuk alpide merupakan sebuah sabuk seismik dan sabuk orogenik yang mencakup berbagai rentang pegunungan yang membentang sepanjang margin selatan Eurasia, membentang dari Jawa ke Sumatera melalui Himalaya, Mediterania, dan keluar ke Atlantik.

Termasuk Alpen, Carpathians, Pyrenees, Pegunungan Anatolia dan Iran, Hindu Kush dan juga Pegunungan Asia Tenggara. Bahkan Indonesia menjadi salah satu sistem gunung terbesar di Bumi setelah Himalaya. Sabuk alpide juga merupakan jalur gempa paling aktif nomer dua di dunia, jadi itulah mengapa gempa sering kali terjadi di Indonesia.

Terletak di Tiga Lempeng Dunia

image by Google

Selain terletak di jalur cincin api pasifik dan sabuk Alpide, nyatanya Indonesia juga dihimpit oleh tiga lempeng aktif loh yaitu Lempeng Indo-Australia dari selatan, Eurasia dari utara, dan Pasifik dari timur, hal ini juga membuat kondisi geologi di bawah permukaan indonesia terus saja bergejolak, yang membuat munculnya gunung api baru, gempa bumi dan tsunami rentan terjadi di bumi pertiwi.

Iklim Tropis di Indonesia Juga Mempengaruhi Fenomena Alam

image by Google

Tak hanya kondisi geologi saja yang menyebabkan Indonesia menjadi wilayah yang rentan terhadap terjadinya bencana, namun rupanya kondisi iklim tropis Indonesia juga mempengaruhi terjadinya fenomena alam. Iklim tropis memiliki curah hujan yang cukup tinggi, curah hujan yang tinggi ini memudahkan terjadinya pelapukan pada tanah, membuat kondisi struktur pada tanah tidak stabil sehingga resiko terjadinya tanah longsor menjadi besar di Indonesia.

Walaupun Indonesia menjadi wilayah yang rawan bencana, namun kita harus bersyukur kerena tanah air kita ini memiliki banyak keindahan dan keistimewaan yang begitu luar biasa, tetaplah berdoa dan waspada terhadap resiko terjadinya bencana kapan pun dan dimana pun kamu berada ya.

oleh:Novi
editor:Izhar