4 Faktor Paling Memengaruhi Kasus Kelaparan yang Tak Kunjung Selesai

sekolahrelawan.com (6/2/2020) Kasus kelaparan masih menjadi salah satu permasalahan yang tak kunjung selesai. Bahkan di Negara maju sekalipun kelaparan masih tergolong dalam kasus yang serius.

Pada dasarnya kasus kelaparan memang terjadi karena minimnya pasokan bahan makanan atau mungkin adanya kesenjangan sosial terhadap pola distribusi makanan. Namun ada beberapa faktor yang memengaruhi kelaparan di dunia.

Perlambatan Ekonomi

Perlambatan ekonomi yang terjadi di suatu wilayah atau pun Negara menjadi faktor utama yang membuat lemahnya perekonomian di wilayah tersebut. Akibatnya, taraf hidup masyarakat menurun karena berkurangnya pendapatan.

Hal ini dapat menyebabkan kemiskinan dan ketidak mampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok mereka termasuk untuk mendapatkan makanan, jika kejadian ini terus berlanjut maka kasus kelaparan pun dapat terus terjadi sampai keadaan perekonomian kembali stabil.

Konflik yang Berkepanjangan

Konflik berkepanjangan yang terjadi di suatu negara sudah pasti memiliki potensi untuk menyebabkan kelaparan, dari data Stockhom International Peace Research Institute (SIPRI) melaporkan bahwa ketidakstabilan politik dan pengungsian terkait konflik menyebabkan terjadinya krisis pangan yang tentunya berdampak pada kelaparan yang dialami oleh lebih dari 800 juta orang dan sebesar 60 % hal ini terjadi di negara konflik seperti di negara-negara bagian di Afrika yaitu Sudan Selatan, Somalia dan Mali, jutaan jiwa telah dikabarkan meninggal dunia pada kasus kelaparan ini.

Perubahan Iklim

Perubahan iklim turut menjadi penyebab terjadinya kasus kelaparan, dapat dikatakan perubahan iklim yang terjadi di suatu wilayah dapat memperburuk kemampuan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan makanan mereka, sebab perubahan iklim seperti banjir dan kekeringan ekstrem dapat melenyapkan hasil panen yang merupakan pasokan makanan serta mata pencaharian masyarakat. Perubahan iklim yang tak bisa diprediksi turut menjadi alasan terbesar kenapa kelaparan masih terjadi.

Kurangnya Kepedulian Terhadap Sesama

Kelaparan bisa dirasakan oleh semua orang, di luar dari perubahan iklim, konflik dan peperangan, kurangnya kepedulian terhadap sesama sebenarnya adalah penyebab terjadinya kelaparan yang paling mudah terjadi, dan sayangnya kita kadang lupa akan hal itu.

Bahkan mungkin kita tidak menyadari adakah orang di sekitar kita yang kini sedang kelaparan karna tak berdaya untuk membeli makan. Kurangnya kepedulian inilah yang seringkali menjadi penyebab kelaparan yang terjadi pada saudara-saudara kita yang merasakan.

Cara termudah untuk mencegah adanya kasus kelaparan adalah dengan cara membantu sebagai bentuk kepedulian kita terhadap sesama, kawan baik alangkah indahnya jika kita mulai berbagi dengan saudara-saudara kita melalui sedekah makan untuk mereka yang kini sedang menahan rasa lapar diperutnya.

oleh:Novi
editor:Izhar