4 Makanan yang Rutin Rasulullah SAW Konsumsi Selama Bulan Ramadhan

sekolahrelawan.com (13/5/2020) Ketika berbuka puasa kita pasti ingin berbuka dengan makanan favorite, dari mulai minuman dingin atau hangat dan makanan manis, begitu pula dengan baginda Nabi Muhammad SAW beliau pun memiliki makanan favorite yang kaya manfaat ketika berbuka puasa, yaitu sebagai berikut.

Kurma 

image by detikfood.com

Baginda Rasulullah SAW, memakan kurma dalam jumlah ganjil ketika berbuka puasa, bahkan mengkonsumsi kurma dalam jumlah ganjil semisal 1,3,5 atau tujuh menjadi salah satu sunnah, jumlah ganjil dapat memberikan manfaat yang sangat pas untuk tubuh, sebab mengkonsumsi kurma dalam jumlah genap akan menghasilkan gula dalam darah dan pottassium tanpa menghasilkan banyak energi untuk tubuh.

Kurma sendiri memberikan banyak manfaat yaitu mengurangi rasa lapar dan haus ketika mengkonsumsinya saat sahur,cepat  mengembalikan energi, menjadi sumber energi cadangan, mempersiapkan pencernaan ketika berbuka, dan menjaga kesehatan pencernaan.

Buah Tin dan Zaitun

image by hellosehat.com

Buah tin dan zaitun memanglah buah yang banyak mengandung manfaat bahkan keduanya pun ada dalam QS At-Tin ayat 1-2, Rasulullah pun turut mengkonsumsinya selama bulan ramadhan, serta dijelaskan dalam hadist yaitu:

Abu Darda radhiallahu’anhu juga meriwayatkan sabda Nabi bahwa: “Sekiranya kukatakan ada buah-buahan yang turun dari surga, maka itulah buah Tin. Karena, buah-buahan surga itu tanpa biji. Makanlah ia, karena ia dapat menghentikan wasir dan bermanfaat menyembuhkan encok“. (Dituturkan oleh Ibnu Qayyim dalam Zaadul Ma’aad).

begitu pula dengan zaitun, yang turut diriwayatkan dalam hadist yaitu :

Dari Abi Usaid Al-Anshari dia berkata Rasulullah SAW bersabda, "Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi)

Zaitu memiliki manfaat yaitu membantu detoksifikasi tubuh, melindungi jantung, menurunkan kolestrol tinggi dan meredakan sendi dan rematik. 


Labu Kuning

image by : blog.regopantes.com

Ternyata labu menjadi makanan yang dikonsumsi oleh rasulullah saat ramadhan, mengkonsumsi labu ketika sahur sangat baik untuk memenuhi kebutuhan hidrasi saat berpuasa karena mengandung 97% persen air, kandungan karbohidrat dan seratnya bisa membuat kita kenyang lebih lama. Selain itu terdapat kandungan vitamin C yang mampu melawan radikal bebas dan mengatasi anemia.

Delima

image by : bola.com

Buah delima menjadi buah yang ada di dalam surga seperti buah kurma dan tin, dijelaskan dalam QS Ar-Rahman ayat 68 yaitu :

فِيْهِمَا فَاكِهَةٌ وَّنَخْلٌ وَّرُمَّانٌۚ

yang artinya : Di dalam kedua surga itu ada buah-buahan, kurma dan delima.

Buah delima banyak mengandung anti oksidan yang membantu menjaga stamina kita ketika berpuasa. Selain itu mencegah anemia dan seratnya mampu menjaga kesehatan pencernaan.

Semua prilaku Rasulullah SAW adalah teladan untuk kita, karena semua yang beliau lakukan dan ajarkan  adalah sebuah kebaikan.