48 Tahun Menjadi Pahlawan Dalam Bencana, Ternyata BASARNAS Punya Sejarah Dibaliknya

sekolahrelawan.com (28/2/2020) Hari ini atau lebih tepatnya yaitu tanggal 28 Februari ini merupakan HUT BASARNAS (Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan) yang ke 48 tahun, tapi sebenarnya apakah kalian sudah tahu belum, sejarah dibalik adanya pembentukan Basarnas? seperti biasa nih, yuk kita bahas sejarah dibalik adanya Basarnas untuk menambah wawasan kita jadi lebih luas lagi.

image by Google

Sejarah pembentukan basarnas sendiri dimulai dengan adanya keputusan presiden Soeharto No.11 pada  tanggal 28 Februari tahun 1972 tentang adanya Badan SAR Indonesia atau di sebut (BASARI) yang memiliki tugas pokok yaitu menangani musibah kecelakaan dan pelayaran. Basari juga berkedudukan serta bertanggung jawab kepada presiden dan sebagai pelaksana di lapangan diserahkan pada Pusat Sar Nasional (PUSARNAS) yang saat itu diketuai oleh seorang pejabat dari Departemen Perhubungan.

Lalu pada tahun 1980 PUSARNAS berubah menjadi Badan SAR Nasional melalui keputusan Menteri Perhubungan nomor KM.91/OT.002/phb-80 yaitu tentang organisasi dan tata kerja Departemen Perhubungan.

image by Google

Dalam rangka terus meningkatkan pelayanan SAR kepada masyarakat, pemerintah telah menetapkan sebuah peraturan No.36 pada tahun 2006 berkat peraturan tersebut kini BASARNAS memiliki tanggung jawab tentang pencarian dan pertolongan yang meliputi usaha dan kegiatan mencari, menolong, serta menyelamatkan jiwa manusia yang hilang atau menghadapi bahaya dalam musibah pelayaran, penerbangan atau bencana dan musibah lainnya

Sampai kini BASARNAS sudah banyak melakukan tindakan penyelamatan bagi para korban dan penyintas baik kecelakaan ataupun bencana, dan kini untuk merayakan hari jadinya BASARNAS menyumbangkan puluhan kantong darah ke Palang Merah Indonesia sebagai bagian dari aksi kemanusiaan.

oleh:Novi
editor:Izhar