5 Hal Penting Ini yang Harus Kamu Persiapkan, Sebelum Menjadi Relawan Banjir

5 Hal Penting yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Jadi Relawan Banjir

sekolahrelawan.com (5/2/2020) Menjadi relawan banjir tak semudah yang terlihat, bukan hanya hebat karena bisa menolong, namun juga beresiko besar jika tidak ada persiapan. Makanya, relawan banjir harus memiliki setidaknya lima kemampuan ini dulu.

1. Mampu Berenang dengan Baik

Tak hanya sekedar bisa mengambang atau kecepak kecepok di dalam air, namun relawan banjir harus mampu berenang dengan teknik yang baik. Karena kalau tidak, bisa jadi kita mencelakakan diri kita sendiri, atau mencelakakan korban yang kita selamatkan.

2. Menguasai Teknik Tali Temali

Tali menjadi alat penyelamatan yang sering digunakan dalam kegiatan Search and Rescue. wajib hukumnya bagi para relawan yang bertugas dalam divisi SAR untuk menguasai teknik tali temali, setidaknya delapan (8) simpul dasar. Hal ini berlaku juga untuk relawan banjir, meski yang utama adalah kemampuan berenang, namun pemahaman tentang tali temali juga sangat diperlukan dalam proses aksi.

3. Mengetahui Prinsip Water Rescue

Water rescue adalah sebuah kegiatan penyelamatan korban di air yang meliputi perhitungan, pengetahuan. Sebagai relawan banjir, kita tidak boleh bertindak gegabah dan ceroboh, semua penuh dengan perhitungan yang didukun pengetahuan, bahkan ada prinsip yang selalu dipegang relawan.

"Selamatkan diri sendiri, baru selamatkan orang lain"

Water rescue merupakan aspek penentu mampukah seseorang menjadi relawan banjir atau tidak.


4. Memilik Jiwa Seorang Pemimpin

Selain menguasai teknik dan prinsip-prinsip kerelawanan, seorang relawan banjir juga wajib memiliki jiwa seorang pemimpin. Karena, ketika bertugas menjadi seorang relawan, kita dituntut untuk dapat mengambil keputusan dan pertanggung jawaban terhadap diri kita, orang lain dan keduanya secara bersamaan. Jika hanya memiliki kemampuan saja namun tak memiliki jiwa kepemimpinan, bisa jadi kita akan bersifat gegabah dan malah menyusahkan tim yang lain.

5. Berserah Diri kepada Tuhan

Semua hal yang telah disebutkan tadi tidak ada apa-apanya jika diri kita sombong dan tidak mengingat bahwa Tuhanlah yang maha berkuasa atas segalanya. Menjadi seorang relawan adalah menjadi seseorang yang seharusnya bertaqwa kepada Tuhan karena kita berjalan pada aksi-aksi kebaikan dan kemanusiaan.

Niat baik adalah hal yang utama tapi akan lebih sempurna jika niat baik mu dilengkapi dengan kesiapan yang matang melalui latihan-latihan yang diperlukan, ketika semua itu mampu kamu lakukan dengan baik maka kamu sudah siap dan layak menjadi seorang relawan banjir yang tentunya dapat diandalkan, tetap semangat dan terus latihan yaa.

oleh:Novi
editor:Izhar