5 Keutamaan Puasa Syawal yang Bikin Kita Semangat Berpuasa Lagi

sekolahrelawan.com (27/5/2020) Setelah bulan Ramadhan berlalu kini kita sedang menjalani hari-hari di bulan Syawal. Kita pun dapat meraih kebaikan di bulan ini, dengan melaksanakan puasa puasa Syawal yang memiki 5 keutamaan seperti berikut ini.

Pahalanya Seperti Berpuasa Setahun Penuh 

Berpuasa 6 hari setelah Idul Fitri akan mendapatkan pahala puasa layaknya berpuasa satu tahun penuh, dalam sebuah hadist Rasulululah SAW dijelaskan yaitu :

"Barang siapa berpuasa Ramadhan, kemudian diikuti dengan berpuasa 6 hari saat Syawal, dia seperti berpuasa setahun"(HR Muslim). Bahkan dalam hadist Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh An- Nasa'i dijelaskan bahwa "Puasa sebulan Ramadhan (sama) dengan puasa 10 bulan, dan puasa 6 hari saat syawal (sama) dengan puasa 2 bulan. Dengan demikian sama dengan puasa setahun"

Segala ibadah yang kita lakukan pastilah ada niatnya begitu pun dengan berpuasa Syawal, dilansir dari NU online bacaan niat untuk puasa Syawal yang dianjurkan oleh beberapa ulama yaitu :

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ الشَّوَّالِ لِلهِ تَعَالَى  "Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatis Syawwâli lillâhi ta‘âlâ."

yang artinya: “Aku berniat puasa sunnah Syawal esok hari karena Allah SWT.” Tata cara melakukan puasa Syawal yaitu (1) Dilakukan selama 6 hari di bulan Syawal. (2) Puasa lebih utama jika dilakukan sehari setelah Idul FItri, namun dilakukan di akhir-akhir bulan Syawal pun tidak mengapa. (3) Sebaiknya dilakukan secara berurutan, namun tidak mengapa jika tidak berurutan. (4) Wajib mengganti puasa Ramadhan terlebih dahulu, agar mendapatkan keutamaan puasa Syawal.


Menyempurnakan Ibadah

Puasa Syawal dapat menyempurnakan ibadah kita, dijelaskan oleh Ibnu Rajab keutamaanya yaitu :

""Balasan dari amalan kebaikan adalah amalan kebaikan selanjutnya. Barangsiapa melaksanakan kebaikan lalu dia melanjutkan dengan kebaikan lainnya, maka itu adalah tanda diterimanya amalan yang pertama. Begitu pula barangsiapa yang melaksanakan kebaikan lalu malah dilanjutkan dengan amalan kejelekan, maka ini adalah tanda tertolaknya atau tidak diterimanya amalan kebaikan yang telah dilakukan." (Latho-if Al Ma’arif, hal. 394.)

Dapat diartikan bahwa pahala puasa Syawal menyempurnakan ibadah kita, yang mampu menutup kekurangan serta menyempurnakan pahala dari ibadah yang telah kita jalani.

Sebagai Penambah Amalan Setelah Ramadhan

Puasa Syawal dapat menjadi cara kita untuk menambahkan pahala berpuasa kita setelah puasa Ramadhan, bahkan puasa ketika Syawal menjadi ciri diterimanya pahala kita ketika Ramadhan. Dikatakan apabila Allah SWT menerima amalan seseorang, maka Dia akan menunjuki pada amalan selanjutnya. jika Allah SWT menerima amalan puasa Ramadhan, maka Dia akan menunjuki amalan lainnya. Di antaranya adalah puasa Syawal enam hari.

Ganjaran Pahala 10 Kali Lipat

 Pahala adalah kebutuhan kita yang paling utama sebagai hamba-Nya, maka mendapatkannya adalah tujuan kita, salah satunya dengan puasa Syawal yang dapat memberikan paahala 10 kali lipat. Hal ini telah dijelaskan dalam hadits Rasulullah SAW yaitu :

"Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas 'Iedul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat." (HR Abu Ayyub).

Mendapatkan Pertolongan Rasulullah SAW

Baginda Rasulullah SAW adalah panutan kita sebagai umatnya, pertolongan beliau adalah dambaan kita semua, dan puasa Syawal mampu mendekatkan kita pada pertolongan beliau, sebab ketika kita melakukan puasa Syawal berarti kita menghidupkan ibadah sunnah, dalam sabdanya beliau mengatakan 

"siapa yang menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga."(HR At-Tirmidzi).

Allah Subhanahu wa ta'ala telah memberikan kita hambanya banyak cara untuk menuju surganya, dan kita hanya perlu melakukan segala ibadah dan kebaikan pada seama dengan tulus dan ikhlash serta menjauhi segala keburukan, dan semua itu juga akan memberikan kita ketenangan jiwa.