5 Negara Ini Punya Tradisi Unik dan Menarik Saat Ramadhan Lho!

sekolahrelawan.com (15/5/2020) Sejumlah negara punya tradisi unik untuk menjadikan suasana ramadhan lebih ceria, beragam kegiatan memberikan sebuah ciri khas yang mampu menjadi budaya yang indah dan luar biasa, di artikel kali ini yuk kita tambah wawasan seputar 5 tradisi unik dan menarik saat bulan Ramadhan di berbagai negara.

Gargee'an - Kuwait

image by : gramho.com

Kuwait punya tradisi khas yang begitu unik saat Ramadhan yaitu Gargee'an dimana dalam tradisi ini diwarnai dengan aksi anak-anak disana yang memakai pakaian tradisional dan setelah sholat magrihb akan melakukan kunjungan untuk berbuka puasa bersama dengan teman, keluarga sampai tetangga. Mereka akan membunyikan bel, lalu memperlihatkan pakaiannya dan mereka akan diberikan permen yang telah di persiapan oleh para tetangga yang telah dikunjungi.

Fanous - Mesir

image by : courtesy of egyptian streets.com

Tradisi satu ini telah menjadi simbol dari bulan Ramadhan, kata fanous sendiri dalam bahasa arab berarti lentera, lentera ini biasanya terbuat dari bahan logam dan kaca yang warna-warni, lentera ini akan digantung dimana-mana. Akan terlihat sangat cantik di malam hari, tradisi ini diperkirakan telah ada sejak masa kepemimpinan Khalifah Fatiiyah memimpin umat muslim di Mesir pada abad ke-10.

Seheriwala - India

image by : times ofif ndia

Meski mayoritas penduduk india beragama hindu, namun india juga punya tradisi ketika Ramadhan yaitu Seheriwala atau Zohridaar, yang merupakan sebutan untuk mereka yang membangunkan umat muslim disana untuk sahur di waktu 02.30 dini hari. Para Seheriwala akan membangunkan sambil meneriakan asma Allah SWT dan Rasulullah SAW, membangunkan sambil mengingatkan ya kawan baik.

Muqam - China

image by : china-slikroad-travel.com

Umat muslim Kashgar atau Uyghur di China biasanya melakukan tarian serta nyanyian yang bernama Muqam, dalam bahasa arab bahasa berarti "melodi" atau "musik klasik" dan juga menjadi istilah untuk musik islami. Suasan menjadi lebih meriah dan menyenangkan tentunya.

Iftar Atar - Palestina

image by : republika.co.id

Iftar Atar adalah sebuah tradisi berbuka puasa bersama secara massal, mereka berbuka puasa dengan camilan kacang yang disebut kacang arab, lalu akan menghias rumah mereka dengan lampu cantik yang berwarna-warni untuk membuat suasana Ramadhan menjadi lebih meriah.

Unik, menarik serta menjadi ciri khas untuk masing-masing negara yah, namun apa pun tradisinya harus tetap membawa manfaat dan kebaikan untuk semuanya.

oleh :Novi