Ancaman Baru Masyarakat Kecil di Balik Huru-hara Pandemi dan WFH

Ancaman Baru Masyarakat Kecil di Balik Huru-hara Pandemi dan WFH

sekolahrelawan.com, Depok (22/3/20)-  Kebijakan pemerintah tetapkan virus corona sebagai bencana nasional pada 14 Maret 2020 lalu membuat gejolak ekonomi kelas menengah ke bawah perlahan ambles. Dampaknya, dirasakan oleh pengemudi ojol, pedagang dan pengemudi transportasi publik pasca himbauan work from home berlaku.

Selain work from home, pemerintah juga melarang adanya kegiatan yang melibatkan banyak orang termasuk diliburkannya kegiatan belajar mengajar, kebijakan ini diambil guna mengecilkan lingkar penyebaran wabah Covid-19 di Indonesia.

Mungkin ini adalah waktu istirahat bagi para pekerja kantoran tengah kota, namun bisa jadi ancaman kehidupan baru di tengah wabah Covid-19 bagi mereka yang mencari rezeki dari keramaian.

Dilansir dari katadata.co.id, Asosiasi pengemudi ojek online menyebut, permintaan layanan menurun hingga 50% karena pandemi corona.

Kebijakan-kebijakan yang berlaku terhadap pandemi ini membuat masyarakat kelas bawah harus bertahan hidup lebih keras di dalam rumah. Seperak dua perak dari berdagang, ongkos ngojek dan secercah rezeki di jalanan kini mulai sulit mereka kantongi.

Saat tim SATGAS COVID-19 Sekolah Relawan melakukan sterilisasi pada fasilitas sosial di Beji, Depok. Tim menemukan beberapa pedagang sedang termenung sedih karena sepi. Para pedagang juga mengeluhkan anjloknya pendapatan sejak sekolah diliburkan

"Wah sepi banget mas, ga ada yang beli, biasanya banyak anak-anak yang jajan, sekarang sepi." ungkap pedagang ES teh SDN Beji 04 kepada sekolahrelawan.

Namun meski mereka diterpa kondisi berat, kebaikan memang tidak pernah terkalahkan dalam kondisi apapun, para pedagang justru memberikan relawan makanan dan minuman dari dagangan mereka secara gratis sebagai bentuk terima kasih atas sterilisasi yang dilakukan.

Dalam kondisi-kondisi seperti ini, tidak selesai hanya dengan mengisolasi diri di rumah saja, namun kita juga harus bahu-membahu untuk menolong mereka yang memiliki daya ekonomi lemah.

Sekolah Relawan mengajak Anda untuk ikut bersama menolong mereka untuk tetap bisa bertahan hidup dan mengikuti kebijakan pemerintah agar wabah pandemi ini segera berakhir.


Oleh: Izhar