Memaknai Ramadhan di Tengah Pandemi, Melalui Teladan Rasullulah SAW Dalam Mencegah Wabah

Begini Cara Rasulullah SAW Dalam Mencegah Wabah

sekolahrelawan.com (6/5/2020) Kawan baik, ramadhan kali ini memang terasa berbeda sebab kita menjalaninya di saat sebuah virus tengah mewabah hingga kini menjadi sebuah pandemi. Namun masa seperti ini pernah juga terjadi di zaman Rasullulah SAW, yaitu terjadinya sebuah wabah Tha'un yang merupakan penyakit menular.

Mengenai wabah yang terjadi tersebut banyak pesan yang telah diberikan oleh baginda nabi Muhammad SAW kepada umatnya, dan pesan tersebut kini menjadi hal yang patut kita teladani sebagai upaya kita mencegah penyebaran virus ini. Berikut ini adalah cara Rasullulah dalam mencegah wabah.

Tidak Berpergian

Rasulullah SAW berpesan untuk tidak pergi kemana pun ketika wabah Tha'un terjadi, yang merupakan suatu peringatan dari Allah Subhanahu wa ta'ala untuk menguji hamba-hambanya dari kalangan manusia. Maka dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Usamah bin Zaid, Rasullulah SAW bersabda : 

"Maka, apabila kamu mendengar penyakit itu berjangkit di suatu negeri, janganlah kamu masuk ke negeri itu. Apabila wabah itu berjangkit di negeri tempat kamu berada, jangan pula kamu lari darinya."

Pesan ini memiliki arti untuk kita tidak berpergian demi mencegah tertularnya virus serta mencegah agar kita tidak menularkan virus,karena dikhawatirkan mungkin kita bisa menularkan virus tersebut ke orang lain, maka dari itu anjuran untuk dirumah saja menjadi langkah utama yang perlu kita lakukan saat ini.

Melakukan Isolasi

Tindakan isolasi juga dianjurkan oleh Rasulullah SAW, memisahkan yang sedang sakit dari yang sehat agar tidak terjadi penularan virus, hal ini dijelaskan dalam sebuah hadist yaitu :

"Janganlah yang sakit dicampurbaurkan dengan yang sehat" (HR Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).

Untuk saat ini hal ini disebut sebagai Physical Distancing yaitu mejaga jarak fisik satu meter untuk menghindari penularan virus.

Menjaga Kesucian Untuk Kebersihan

Rasululah SAW memanglah luar biasa, kecerdasan yang diberikan oleh Allah SWT kepada beliau adalah sebuah ilmu  yang bermanfaat hingga akhir jaman, bahkan beliau pun telah mengajarkan kita tentang kesehatan sejak dahulu, yaitu dengan menjaga diri agar selalu bersih melalui pola hidup sehat, membuat kita tetap sehat dan aman dari infeksi.

Banyak hadist yang berisi tentang cara-cara bersuci, salah satunya anjuran mencuci tangan, yaitu :

"Barang siapa tertidur dan ditangannya terdapat lemak (kotoran bekas makanan) dan dia belum mencucinya, lalu dia tertimpa oleh sesuatu, janganlah dia mencela melainkan dirinya sendiri." (HR Abu Daud). 

Maka dari itu kebersihan adalah hal yang utama dalam hidup, dan menjaga kebersihan karena kebersihan sebagian dari iman.

oleh:Novi