Begini Prosedur Rapid Test Corona yang akan Diterapkan di Indonesia

sekolahrelawan.com (25/3/2020) Pemerintah Indonesia telah membuat kebijakan mengadakan rapid test Corona (Covid-19) untuk memutus penyebaran virus ini dengan cepat. Kementerian Kesehatan Indonesia secara resmi telah merilis alur dari rapid test tersebut.

Dilansir dari CNNIndonesia.com pelaksanaan rapid test Covid-19 dilakukan oleh Dinas Kesehatan sesuai domisili peserta, berikut  adalah alur dari pemeriksaan test Corona dari kementerian Kesehatan.

1. Paserta akan terlebih dahulu mengisi sebuah formulir ketersediaan.
2. Kemudian peserta dites pada tempat yang telah ditentukan di setiap daerahnya.
3. Peserta yang mendapat hasil positif harus di isolasi di rumah selama 14 hari. Untuk peserta yang sudah mengalami gejala berat seperti batuk, demam dan sesak nafas maka akan segera dirujuk ke rumah sakit, sedangkan untuk peserta yang negatif maka diwajibkan untuk menerapkan sosial distancing.

Kementerian Kesehatan pun telah memberikan alur untuk rapid test melalui kunjungan. Sasaran peserta rapid tes melalui kunjungan rumah akan ditetapkan oleh Dinas Kesehatan setempat  bekerja sama dengan tim Surveilans dari kementerian Kesehatan dan Dinas Kesehatan setempat, kemudian hasil dari rapid test akan dicatat dan dilaporkan untuk ditindak lanjut diagnosis dan terapi.

Dikutip dari detik.com, Juru Bicara Pemerintah untuk Covid-19 yaitu Achmad Yurianto mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan satu juta alat untuk rapid test yang akan masuk secara bertahap, akan didistribusikan ke seluruh provinsi di Indonesia untuk pemeriksaan di daerah-daerah yang terindikasi Covid-19.

Rapid test ini adalah cara utama yang dilakukan oleh pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19, sudah sapatutnya kita menjalankan test ini tanpa ada rasa paksaan demi membebaskan Indonesia dari Covid-19 secepatnya.