Berikut Ini Adalah Waktu-waktu Mustajab Untuk Kita Berdoa

sekolahrelawan.com (12/5/2020) Setiap orang pasti punya keinginan dan keinginan tersebut menjadi doa kita pada sang pencipta, selain doa kita juga perlu usaha salah satunya dengan berdoa di waktu-waktu yang mustajab suapaya doa kita dapat dikabulkan, ternyata ada beberapa waktu mustajab untuk berdoa lho, ini dia informasinya.

Saat Berpuasa

Nah siapa nih yang masih suka ga semangat untuk puasa? sayang banget lho, selain dapat pahala puasa juga menjadi waktu yang mustajab untuk berdoa, dijelaskan dalam sebuah hadist dari Nabi Muhammad SAW yaitu : 

ثَلاَثَةٌلاَ تُرَدُّ دَعْوَتُهُمُ الصَّائِمُ حَتَّى يُفْطِرَ وَالإِمَامُ الْعَادِلُوَدَعْوَةُ الْمَظْلُومِ

yang artinya : “Tiga orang yang doanya tidak tertolak yaitu orang yang berpuasa sampai ia berbuka, pemimpin yang adil, dan do’a orang yang dizalimi.” (HR. Ahmad 2: 305. Syaikh Syu’aib AlArnauth mengatakan bahwa hadits ini shahih dengan berbagai jalan dan penguatnya).

Ketika Sahur

Selain menjadi penguat kita dalam berpuasa seharian, sahur juga berperan untuk menghilangkan kemarahan yang bisa muncul ketika kita menahan lapar saat puasa, yang lebih istimewa lagi sahur membuat kita bangun di waktu sepertiga malam dimana waktu tersebut menjadi waktu mustajab untuk berdoa, dijelaskan dalam firman Allah ta'ala yaitu

وَبِالْأَسْحَارِ هُمْيَسْتَغْفِرُون

yang artinya yaitu : “Ketika waktu sahur (akhir-akhir malam), mereka berdoa memohon ampunan” (QS. Adz Dzariyat: 18), jadi lengkapi sahur mu dengan berdoa pada Allah ta'ala dan jangan lupa untuk sholat tahajud yaa.

Malam Lailatul Qadar

Malam yang lebih baik dari seribu bulan yang ada di bulan ramadhan ini juga waktu yang sangat mustajab untuk berdoa, dijelaskan dalam sebuah hadist dari Rasulullah SAW yaitu :

قلت يا رسول الله أرأيت إن علمت أي ليلة ليلة القدر ما أقول فيها قال قولي اللهم إنك عفو تحب العفو فاعف عني

yang artinya : aku bertanya kepada Rasulullah 'Wahai Rasulullah, menurutmu apa yang sebaiknya aku ucapkan jika aku menemukan malam Lailatul Qadar? Beliau bersabda, berdoalah 'Allahumma innaka 'afuwwun tuhibbul 'afwa fa'fu 'anni (Ya Allah, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dan menyukai sifat pemaaf, maka ampunilah aku"  (hadist riwayat Tirmidzi 3513, dari ummul Mu'minin Aisyah Radhiallahu'anha.)

Saat Azan dan Turunya Hujan

Hujan adalah rahmat dari Allah ta'ala, merupakan salah satu rizqi untuk kita hambanya, hujan bahkan menjadi waktu yang tepat juga untuk kita berdoa begitu pula ketika azan berkumandang, yang telah dikatakan oleh baginda Rasulullah SAW yaitu :

ثنتان ما تردان : الدعاء عند النداء ، و تحت المطر

yang artinya : "Doa tidak tertolak pada 2 waktu, yaitu ketika adzan berkumandang dan ketika hujan turun" (hadist riwayat Al Hakim no : 2534).

dan jangan lupa untuk membaca doa setelah azan berkumandang yaa.

Itulah waktu mustajab untuk berdoa, jangan lupa untuk berdoa meminta ampunan dan doa kita untuk di akhirat nanti barulah berdoa tentang kebutuhan serta keinginan kita tentang urusan dunia ya kawan baik.


oleh:Novi