Bikin Pengen, Makanan Manis dari Berbagai Negara Ini Pas Banget Buat Berbuka Puasa

sekolahrelawan.com (11/5/2020) Buka puasa memang lebih pas dengan hidangan manis ya, banyak banget nih makanan manis yang bisa jadi pilihan untuk menu berbuka kamu, bukan cuma di Indonesia aja lho yang punya menu makanan manis yang pas untuk berbuka, yuk kita bahas makanan-makanan manis yang pas untuk berbuka dari berbagai negara.

Yakgwa - Korea Selatan

image by : Wikipedia

Selain dikenal dengan KPop nya, Korea Selatan juga punya makanan manis yang pas banget buat buka puasa nih yaitu yakgwa yang merupakan jenis kue tradisional terbuat dari tepung gandum, madu, air jahe, kayu manis dan juga minyak wijen. Memiliki bentuk seperti bunga sakura yang merekah dengan tekstur kenyal dan rasa yang manis.

Menurut sejarah yakgwa sudah dibuat sejak zaman Dinasti Goryeo dan telah tertulis di dokumen-dokumen kuno, makanan ini sering disajikan dalam acara-acara penting lho. Selain enak pastinya yakgwa ini miliki manfaat yang baik untuk kesehatan juga.

Sheer Khurma - Pakistan

image by : firstcry parenting

Makanan satu ini menjadi salah satu makanan khas ketika idul fitri di Pakistan, memiliki arti yaitu susu dan kurma namun berbahan utama bihun, lalu dibuat dengan menambahkan mentega, susu, gula dan kurma, teksturnya yang mirip sup krim lembut dengan rasa manis pas banget nih buat jadi makanan untuk berbuka puasa, biasanya sheer khurma ditambahkan dengan buah-buahan kering, jadi pengen yaa.

Dorayaki - Jepang

image by pinterest

Buat yang suka nonton Doraemon pasti sudah tak asing lagi sama makanan yang satu ini, yups dorayaki pastinya, dibuat dari dua lapis panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah, kamu juga bisa mengkreasikannya dengan cokelat, green tea atau ditambahkan es krim. 

Dorayaki sendiri memiliki arti  yaitu "dora" yang artinya gong dan "yaki" yang berarti dimasak dengan kering (panggang), karena memiliki bentuk yang menyerupai gong, dorayaki termasuk dalam golongan kue tradisional jepang yang sudah ada sejak zama Edo.

Gullac - Turki


image by : idntimes.com

Gullac adalah hidangan penutup dingin yang hanya ditemui saat ramadhan, memiliki tekstur kenyal dan manis dengan warna putih yang hampir mirip dengan bubur pangsit rebus, Gullac ini terbuat dari tepung terigu dan maizena kering, lalu di rendam dalam susu dan dimasukan ke dalam lemari pendingin selama 24 jam lho, supaya susunya menyerap dengan sempurna, setelah itu ditaburi dengan kacang walnut, untuk menambah aroma biasanya ditambahkan air mawar, dan diberikan potongan buah delima sebagai toppingnya.

Penasaran gimana rasanya? silahkan mencoba ya kawan baik.