Bukan Hanya Virus Corona, Inilah 3 Virus yang  Juga Pernah Mengancam Dunia

Bukan Hanya Virus Corona, Inilah Beberapa Virus Berbahaya yang Pernah Mengancam Dunia

sekolahrelawan.com (27/1/2020) Kini masyarakat dunia sedang khawatir dengan virus corona yang mewabah di Wuhan, Hubei tengah, China yang memakan banyak korban hingga membuat kota ini diisolasi seperti kota mati.

Ternyata tak hanya Corona, sejarah hidup manusia telah dihadapi dengan invasi virus-virus yang lebih berbahaya hingga membunuh lebih banyak manusia. Kasus mewabahnya virus berbahaya juga pernah terjadi sebelumnya, apa saja ? baca selengkapnya ya

Virus SARS (Severe Acute Respiratory Syndrome)

Virus Severe Acute Respiratory Syndrome atau biasa disebut SARS merupakan virus yang juga pernah mewabah di Tiongkok pada tahun 2002 lalu, sama seperti virus corona, penyebaran virus ini juga melalui udara bahkan dapat menyebar ke puluhan Negara hanya dalam beberapa bulan, virus ini ditandai dengan gejala menggigil, demam, batuk kering dan juga sakit dibagian dada, bahkan menurut data dari Centers for Disease Control and Prevention (CDC) virus ini telah menginfeksi sebanyak 8.096 jiwa dengan tingkat kematian sebesar 15% selama virus ini mewabah.

Virus Ebola

Virus yang pernah menggemparkan dunia yang selanjutnya ialah virus ebola, virus ini dapat mengancam nyawa orang yang terinfeksi jika tidak ditangani dengan cepat, sebab virus ini memiliki kemampuan untuk berkembang biak secara cepat didalam tubuh, menggumpalkan sel darah hingga menghambat aliran darah menuju organ lain tidak hanya itu virus ini bahkan mampu menyerang organ lain seperti ginjal, otak, usus dan hati, ditandai dengan gejala yaitu munculnya ruam pada kulit, mata yang memerah, sakit pada tenggorokan, nyeri di bagian dada, sakit maag, mual dan muntah bahkan diare yang menyebabkan turunnya berat badan secara drastis.

Virus MERS (Middle East Respiratory Syndrome)

Tidak hanya virus SARS dan Ebola, virus yang satu ini juga pernah menggemparkan dunia.

Middle East Respiratory Syndrome atau biasa disebut MERS adalah virus yang disebabkan infeksi paru-paru. Dapat menyerang segala usia, virus ini disertai dengan gejala yang serupa dengan virus Corona yaitu mirip dengan flu seperti demam, batuk, napas pendek, menggigil dan juga nyeri pada bagian dada, virus ini pertama kali terjadi di Arab Saudi pada tahun 2012 lalu, diduga virus virus ini berasal dari unta, bahkan virus ini dapat menyebabkan gagal organ, penanganan medis yang cepat dan tepat sangat dibutuhkan oleh para pasien yang terinfeksi.

Virus dapat mewabah kapan saja dan dimana saja, sudah sepatutnya kita menjaga kesehatan dengan menerapkan hidup sehat, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati dan semoga virus Corona ini bisa diatasi secepatnya.

Oleh:Novi
Editor:Izhar