Diguncang Gempa Ribuan Kali, Ternyata Maluku Menyimpan 5 Hal Ini

Diguncang Gempa Ribuan Kali, Ternyata Maluku Menyimpan 5 Hal Ini

Sekolahrelawan.com- Setelah bencana gempa berkekuatan 6,2 SR yang melanda Maluku pada 26 Oktober lalu, Negeri di tengah laut ini ternyata menyimpan banyak kekayaan alam dan sejarah sebagai bukti indahnya Nusantara.

Jangan sampai kamu hanya tahu berita dukanya saja, lebih seru kalau kita tahu hal-hal menarik tentang Maluku yang merupakan salah satu aset kekayaan Indonesia. Yuk simak lima hal yang ternyata menjadi paras menawan Maluku.

1. Negeri Berdinding Pelepah Sagu



image wikipedia

Salah satu hal yang menarik dari Provinsi Maluku adalah tentang kepemilikan bangunannya, yakni bagunan yang berdinding dari Pelepah sagu. Sagu merupakan salah satu kekayaan alam yang mengelilingi dataran hijau Maluku, batang sagu dipanen untuk diolah menjadi makanan lokal. Pelepahnya (Gaba-gaba) digunakan untuk menjadi pondasi dan bilik bangunan karena sifatnya yang kuat dan ringan serta membawa suana teduh dalam teriknya tanah Maluku.

Salah satu bangunan yang menjadi bukti sejarah adalah Masjid Tua Wapauwe yang mana masjid ini menjadi masjid tertua di Maluku dengan konstruksi bangunannya berdinding pelepah sagu yang kering.

2. Maluku Menjadi Nama Daerah Tertua di Indonesia



image kayla

Percaya gak sih, salah satu bagian dari Nusantara ini sudah dikenal sejak zaman peradaban Timur Tengah beberapa ratus tahun yang lalu loh.

Daerah yang paling tua dengan nama tetap adalah Provinsi Maluku, menurut catatan sejarah dan prasasti yang ada Provinsi Maluku ini berdiri sama dengan Kerajaan yang ada di Timur Tengah pada masa Pimpinan Firaun. Bahkan untuk Gubernur tertua atau yang pertama memimpin Maluku terjadi pada tahun 1522 sampai tahun 1605.

Keren, selain menjadi sejarah di Indonesia, Maluku juga menjadi saksi sejarah di Dunia.

3. Mendapatkan Penghargaan 'Perdamaian' Dunia


image wonderful indonesia

Jika kita membaca kembali sejarah yang pernah dituliskan tentang Maluku, ada satu hal yang turut menjadi sorotan garis pena sebagai satu bagian bersejarah di Provinsi
 Maluku, yaitu  tragedi konflik antar agama yang  dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan sebutan Tragedi Ambon pada Tahun 1999. 

Belajar dari permasalahan ini, masyarakat Maluku mulai menerima perbedaan yang turut hidup di atas tanah nenek moyangnya. Sehingga saat ini menjadi salah satu Provinsi yang sangat ramah dan damai di Indonesia yang menghantarkannya pada penghargaan “Gong Perdamaian Dunia”.

4. Rempah-Rempah Memenuhi Sumber Daya Hutan yang Kaya



image okezone.com

Maluku sudah menjadi lapangan hijau yang memikat kedatangan asing sejak dari ribuan tahun yang lalu, beberapa negara yang mendominasi seperti Arab, Portugis, Spanyol, dan Belanda menguasai arus perdagangan hasil bumi. Salah satunya adalah kekayaan rempah-rempah yang menjadi 'bahan rebutan' Negara besar.

Syukur setelah kemerdekaan Bangsa ini dan perjuangan masyarakat untuk membebaskan diri dari belengu asing selama ribuan tahun, kini seluas 54.185 km2 sumber daya darat di Maluku menjadi kekayaan yang harus dijaga oleh kita semua.

5. Ditetapkan Sebagai Lumbung Laut Nasional



Image liputan6.com

Provinsi Maluku ditetapkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Mohammad (2010) sebagai Lumbung Ikan Nasional 2030.

Maluku yang merupakan kepulauan bahari terbesar di wilayah Nusantara memang layak dijadikan lumbung ikan nasional. Karena, potensi perikanan yang luar biasa banyak, disertai laut yang kaya dan masih terjaga dari campur tangan manusia membuat daerah ini menyimpan kekayaan disetiap debur ombak lautnya. 

Belom lagi, hamparan warna biru yang membentang disepanjang Maluku ternyata merupakan Sumber daya perairan dengan luas 658.294,69 km2 lhoo! dengan potensi sebagai berikut: - Laut Banda: 277.890 ton/tahun - Laut Arafura: 771.500 ton/tahun - Laut Seram: 590.640 ton/tahun.

Wah, ternyata dibalik berita duka yang mengguncang Maluku pada 26 Oktober lalu menyimpan banyak kekayaan yang patut kita syukuri dan banggakan. Eits gak cuma dibanggakan aja ya, tapi juga dijaga! agar anak cucu kita bisa ikut merasakan kekayaan Negeri ini.