Inilah Tanda-Tanda Datangnya Malam Lailatul Qadar Berdasarkan Hadist

sekolahrelawan.com (14/5/2020) Salah satu hal yang paling dinanti dibulan Ramadhan adalah malam lailatul qadar, tentunya untuk mendapatkan kemuliaan dari malam yang lebih baik dari seribu bulan tersebut, sebagai waktu yang mustajab untuk kita berdoa dan meminta ampunan pada Allah ta'ala. Berbeda dari malam biasanya, malam lailatul qadar mempunyai tanda-tanda sebagai berikut.

Sebagian ulama berpendapat bahwa malam lailatul qadar biasanya jatuh di malam ganjil di sepuluh malam terakhir bulan ramadhan, hadist mengenai hal ini yaitu :

"Rasulullah SAW sangat bersungguh-sungguh pada 10 hari terakhir di bulan Ramadhan, melebihi kesungguhan beliau di waktu lainnya" (Hadist Riwayat. Muslim).

Malam lailatul qadar memang tidak dapat diketahui di tanggal berapa akan terjadi, namun malam lailatul qadar dapat di tandai dari beberapa tanda yang telah disebutkan dalam hadist yang diriwayatkan oleh (Imam Muslim, 762).

'Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam ke dua puluh tujuh (dari bulan Ramadhan), dan tanda tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru" 

Hadist lain yang menjelaskan tentang tanda-tanda malam lailatul qadar yaitu :

Lailatul Qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah" (Hadist Riwayat Ibnu Abbas).

Dapat ditandai dengan keadaan hari dimana matahari yang cerah tetapi tidak panas, suasana malam lailatul qadar lebih tenang dengan langit yang tidak berawan dan udara yang sejuk, dan bulan yang terlihat separuh seperti dalam sebuah riwayat Abu Hurairah yang pernah berdiskusi dengan Nabi Muhammad SAW tentang malam lailatul qadar yaitu :

"Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan" Sabda Rasulullah SAW.

Mari persiapkan diri untuk menyambut datangnya malam lailatul qadar, sehingga ketika tibanya, kita dalam keadaan baik dan sedang beribadah kepada Allah ta'ala. Semangat terus ya kawan baik dalam beribadah dan berbuat kebaikan.