Jadi Penggerak Peradaban Lewat Active Citizens Training

Jadi Penggerak Peradaban Lewat Active Citizens Training

sekolahrelawan.com- Pada tahun 2018 Indonesia diberkati sebagai Negara paling dermawan di dunia oleh Charities Aid Foundation (CAF). Tak hanya dari bagaimana kita senang berbagi, namun fakta ini berangkat dari jiwa-jiwa sosial kita untuk melakukan aksi-aksi kebaikan. Namun, apakah kita sudah benar-benar memahami aksi yang disebut "Pengabdian" itu dengan mendasar?


Akademi Komunitas Nusantara memeluk British Council untuk memahami konsep dasar seorang pegiat kemanusiaan. Hasil pelukan berwujud sinergi, melahirkan ruang edukasi yang kami namai Active Citizens Training. Sebuah wadah pelatihan untuk masyarakat agar lebih peduli dan mampu merencanakan aksi sosial.


Dalam ruang sederhana yang disesak padati oleh 25 orang hebat yang telah mendaftar sebagai peserta, kami berdiskusi dan belajar bersama  dalam pelatihan menuju diri yang lebih kompeten dan berwawasan sebagai seorang penggerak peradaban. 

Berlandaskan tiga modul utama yaitu; Mengenal Saya, Saya dan Kamu dan Tentang Kita Bersama para fasilitator hebat dari British Council turut memberikan materi dari berbagai aspek seperti, lingkungan, sosial dan pengabdian secara fundamental.



Hal yang membuat peserta menaruh perhatian lebih adalah dengan bagaimana cara fasilitator menyampaikan materi mereka. Konsep belajar partisipatoris, medium medium unik sekaligus candaan ringan turut menjadi bagian dari atmosfer kelas.

Lantas apakah dua pekan ini hanya diisi dengan retorika?

Nggak doong, Active Citizens Training berhasil mengemas teori-teori kedalam praktika sederhana yang membuat para peserta mencapai klimaks pemahamannya.

Hari terakhir Active Citizens Training kemarin, para peserta didampingi fasilitator untuk menyusun projek aksi sosial dengan pembekalan ilmu dari mulai project cycle, analisis risiko dan indikator keberhasilan.

Meskipun perencanaan ini bersifat sementara, para pegiat komunitas selanjutnya akan melakukan asesmen ulang di masyarakat sehingga aksinya bisa sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Seruuu kaaan!