Jangan Sekedar Menantikan, Yuk Persiapkan Diri dengan 5 Hal Ini Untuk Menyambut Bulan Ramadhan

sekolahrelawan.com (12/3/2020) Tak terasa bulan yang kita nantikan semakin dekat, bulan paling istimewa dan penuh dengan keberkahan yaitu bulan ramadhan. Jangan sekedar menantikan ya, tapi kita juga harus punya persiapan untuk diri kita sendiri supaya bulan ramadhan kali ini terasa lebih istimewa lagi, kira-kira apa saja sih yang harus kita persiapkan untuk menyambut bulan ramadhan? baca selengkapnya ya.

Mempersiapkan Iman Lebih Baik Lagi 

image by Pinterest

Bulan ramadhan adalah bulan yang penuh dengan pahala kebaikan, namun untuk mendapatkan pahala tersebut kita juga harus mempersiapkan iman kita lebih baik lagi, agar bisa melakukan banyak amalan kebaikan di bulan ramadhan yaitu dengan memperbanyak ibadah baik yang wajib maupun sunnah, melakukan sedekah, dan perbanyaklah wawasan lebih mengenai ilmu agama dan keistimewaan bulan ramadhan, supaya iman kita jadi lebih baik lagi di bulan ramadhan ataupun setelahnya.

Menjaga Kesehatan Mulai dari Sekarang

image by Google

Untuk mempersiapkan diri melakukan ibadah di bulan ramadhan, yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menjaga kesehatan dengan melakukan pola hidup sehat. Kalau biasanya kamu ga terlalu rutin atau jarang banget buat olahraga, coba deh mulai hari ini kamu berolahraga walaupun hanya dengan olahraga ringan supaya fisik kamu lebih sehat lagi, dan perhatikan juga pola makan mu, makanlah dengan teratur, konsumsi makanan sehat supaya terhindar dari masalah pencernaan. Lakukanlah mulai dari sekarang biar kamu terbiasa hidup sehat, jadi saat bulan ramadhan tiba kamu bisa beribadah dengan tubuh yang sehat dan semangat walaupun di dalam rutinitas yang padat.

Kendalikan Emosi, Jangan Gampang Marah Yaa

image by Google

Tak bisa dipungkiri kalau dibulan ramadhan kita harus berjuang, berjuang menahan lapar dan haus serta menahan emosi, sebab makna dari ibadah puasa adalah menahan hawa nafsu terutama menahan amarah dan menjaga ucapan. Nah kalau kamu masih suka marah-marah dan belum bisa menjaga ucapan, maka kamu harus mulai latihan mengontrol emosi dari sekarang ya, agar kamu bisa menahan emosi saat ibadah di bulan ramadhan dan membuat nilai pahala ibadah kita menjadi sempurna.

Latihan Bangun Tidur di Waktu Pagi 

image by Google

Buat kamu yang susah untuk bangun tidur di pagi hari, itu tandanya kamu harus mulai biasakan dirimu untuk bangun pagi, sebab saat bulan ramadhan kita harus sahur sebelum azan subuh berkumandang, kalau kamu kesiangan bisa-bisa kamu bangun di waktu imsak, jadi tidak bisa makan sahur deh.

Bersilaturahmi Lebih Sering Lagi

image by Google

Rutinitas yang padat pasti akan menyita waktu mu setiap harinya, hal itu akan membuatmu jadi sulit untuk bersilaturahmi atau bertemu dengan keluarga, saudara atau teman, bahkan mungkin sangat sulit hanya untuk sekedar berkomunikasi. Di bulan ramadhan tahun ini kamu harus lebih sering bersilahturahmi, kunjungilah sanak saudara ataupun teman mu, karena menjalin silahturahmi akan memberikan kamu pahala kebaikan dan menjadikan ibadah mu lebih istimewa.

Yuk kita persiapkan diri untuk menyambut bulan ramadhan, sambut ramadhan dengan penuh semangat dan jangan lupa terus berbuat kebaikan setiap harinya agar hidup kita lebih bermakna.

oleh:Novi
editor:Izhar