Jasa Besar Mendiang Dokter Joserizal Dalam Gerakan Kemanusiaan

sekolahrelawan.com (20/1/2020) Indonesia kini kembali berduka, setelah bencana yang melanda di awal tahun, kini Indonesia juga telah kehilangan salah satu tokoh penting yang telah banyak membantu dalam gerakan kemanusiaan, dr. Joserizal Jurnalis Sp.OT yang merupakan dokter sekaligus aktivis yang membantu masyarakat korban perang, ia lahir pada  tanggal (11/5/1963) di Padang, Sumatera Barat dan telah berpulang pada tanggal Senin (20/1/2020), di Rumah Sakit Harapan Kita, Jakarta Barat, pukul 00.38. Joserizal merupakan tokoh yang telah melakukan berbagai peran penting.

Pendiri Medical Emergency Rescue Committee

Almarhum Joserizal merupakan pendiri organisasi kemanusiaan MER-C (Medical Emergency Rescue Committe) yang bergerak pada program kemanusiaan dalam melakukan pertolongan medis di wilayah-wilayah konflik dan peperangan, organisasi ini terbentuk pada tanggal 14 September 1999, organisasi ini bersifat amanah, profesional, netral, sukarela dan mandiri dalam memberikan pelayanan medis. MER-C dilatar belakangi oleh konflik Ambon tahun 1999 yang di mana pada saat itu terjadi kekurangan tenaga medis. Ia juga pernah menyelesaikan pendidikan kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia dengan mengambil spesialis bedah ortopedi dan traumatologi.

Sukarelawan Kesehatan di Wilayah Konflik

Mendiang Joserizal dikenal memiliki jiwa kerelawanan yang sangat tinggi, ia beberapa kali terlibat langsung sebagai petugas dan sukarelawan kesehatan pada beberapa kasus konflik yang terjadi di Indonesia maupun luar negeri, seperti Aceh, Poso, Maluku dan beberapa daerah konflik internasional yaitu di wilayah Timur Tengah yaitu di Sudan, Afghanistan, Irak, Gaza, Palestina.

Penggagas Berdirinya Rumah Sakit Indonesia, di Palestina

Bukan hanya sebagai pendiri Mer-C, Joserizal juga merupakan sosok yang menggagas berdirinya Rumah Sakit Indonesia yang berdiri di Gaza, Palestina sejak 2008 lalu, rumah sakit ini bertujuan untuk memberikan bantuan medis bagi korban konflik yang berada di sana.

Walaupun telah mendahului kita, namun semua jasanya tidak pernah terhapus, keberanian serta dedikasi tinggi untuk sesama, merupakan hal yang patut kita contoh, jadilah orang baik yang berguna untuk sesama dimana pun kamu berada.

Selamat jalan dr. Jozerisal Jurnalis Sp.OT semoga amal kebaikanmu membawa kepada Jannah-Nya dan jasamu dalam dunia kemanusiaan selalu dikenang sepanjang masa.

oleh:Novi
editor:Izhar