KILAS BALIK: Gempa Iran 1972, Gempa Mematikan dengan Korban 5.300 Jiwa Meninggal Dunia

KILAS BALIK: Gempa Iran 1972, Gempa Mematikan dengan Korban 5.300 Jiwa Meninggal Dunia

Kilasbalik, (10/4/19)- Merupakan salah satu gempa terkuat dalam sejarah Iran. Pada 10 April 1972, gempa dahsyat di Iran selatan menewaskan ribuan orang. Gempa berpusat di kota Ghir di mana sedikitnya 5.300 orang dilaporkan tewas.

47 tahun lalu, gempa mematikan berskala 7,1 skala Ritcher  mengguncang Ghir pada pagi hari. Ghir adalah sebuah kota pertanian yang padat dengan  7.000 penduduk. Warga sebagian sudah berada di luar rumah untuk berkebun, karena mayoritas warga di kota Ghir adalah petani. Namun selang berapa saat, gempa mematikan itu menguncang wilayah Ghir yang membuat ribuan orang tewas tertimpa bangunan. Kota itu hancur, bersama dengan hingga 60 desa di sekitarnya.

Tidak hanya sekali guncangan, namun gempa ini terjadi berkali-kali hingga membuat warga yang masih selamat trauma dan takut. 

Dahsyatnya gempa ini membuat kota terdekat Ghir, Jahrom juga terkena dampaknya.  Getarannya juga terasa di kota kuno Shiraz, 100 mil (160 Km) jauhnya

Dikutip dari internasional.republika.com, Jenderal Mohammad Fazelli, yang bertanggung jawab atas operasi penyelamatan dan bantuan, menghawatirkan akan ada lebih banyak orang yang terkubur di bawah puing-puing. Ketika ditanya berapa banyak, dia berkomentar, "Hanya Tuhan yang tahu."

Universitas Teheran juga telah mengukur guncangan awal gempa ada pada angka 7,1 skala Richter, yang menjadikannya salah satu gempa terkuat dalam sejarah Iran.