Yuk! Mengenal Organisasi Jauh Sebelum Terjun ke Dalam Dinamikanya

Mari Mengenal Organisasi Jauh Sebelum Terjun ke Dalam Dinamikanya

sekolahrelawan.com- Sebagai seorang relawan yang juga mahluk sosial, kita tentu akan membutuhkan organisasi untuk mewujudkan tujuan yang diinginkan secara optimal. Maka memahami makna organisasi itu sendiri akan lebih membantu dalam melaksanakan pekerjaan secara tim dengan sebaik mungkin.

Max Webber
, seorang sosiolog asal Jerman yang sekaligus menjadi kiblat bagi sebagian orang dalam lingkup Economy and Society mengartikan, bahwa organisasi adalah suatu kerangka hubungan terstruktur yang didalamnya terdapat wewenang dan tanggung jawab serta pembagian kerja dalam menjalankan fungsi tertentu.

Organisasi digadang-gadang adalah pesawat yang siap menampung bagi  mereka yang siap melesat jauh bersama suatu kelompok dalam menjalankan fungsi tertentu untuk mencapai tujuannya.

Sekolah Relawan juga merupakan salah satu contoh organisasi lho kawan baik, ranah Sekolah Relawan sebagai organisasi bergerak pada edukasi kerelawanan dan mewujudkan rasa cinta terhadap kemanusiaan. 

Tentu, beberapa kerangka-kerangka konstruksi yang turut menopang adanya organisasi juga berperan penting dalam hidup atau tidaknya organisasi itu sendiri. Guna membuat organisasi berjalan sesuai tujuannya, empat (4) hal ini harus ada dalam terbentuknya organisasi:

  1. 1. Memiliki Visi dan Misi
  2. 2. Selarasnya Tujuan
  3. 3. Memiliki Struktur Kerja
  4. 4. Adanya Pembagian Tugas

Ke-empat aspek tersebut saling terkoneksi dan membentuk rangka konstruksi organisasi ideal, visi dan misi tentu jadi pertimbangan awal saat organisasi tersebut dibuat untuk menyelaraskan tujuan organisasi lho kawan baik. Adanya struktur serta pembagian tugas yang jelas juga sebagai penopang akan berjalannya organisasi, guna mencapai tujuan yang optimal.

Nah kawan baik, sebelum kamu bergabung dalam suatu organisasi, alangkah baiknya kamu pahami dulu aspek-aspek apa saja yang dituju oleh organisasi tersebut. Jangan sampai tujuan kita nggak selaras ya dengan tujuan organisasi, nanti malah jadi kita nggak iklas kerjanya, terus kesel-kesel sendiri karena visinya tidak sesuai dan misinya tidak sejalan.