Mengenal Musim Pancaroba, Berarti Bersiap Diri Untuk Tetap Sehat

Mengenal Musim Pancaroba, Berarti Bersiap Diri Untuk Tetap Sehat

sekolahrelawan.com- Musim pancaroba jadi akhiran bagi kemarau dan awalan bagi musim hujan. Kini ia sudah sampai dalam keseharian kita, pagi panas sore hujan, kalau kita tak mengenal lebih dekat dengan si 'pancaroba' siap-siap aja tubuh ini dihantam penyakit. Yuk simak, apa itu musim pancaroba dan ancaman apa saja yang turut dibawanya.

Musim Pancaroba adalah masa peralihan antara dua musim utama di daerah iklim muson, yaitu di antara musim penghujan dan musim kemarau. Seiring dengan datangnya musim ini, kita juga akan dihadapi dengan potensi berbagai macam penyakit dan bencana alam.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi bahaya akibat pergantian musim dari kemarau ke penghujan atau pancaroba. Beberapa bencana yang perlu diwaspadai sebagai berikut:

1.Banjir
2.Longsor
3.Angin Puting Beliung
4. Pohon Tumbang

Kita perlu waspada nih akan terjadinya potensi-potensi bencana seperti di atas, selain waspada terhadap bencana yang terjadi kita juga perlu antisipasi akan penyakit yang siap menyerang kita seperti:

1.Asma

Serangan asma terjadi karena saluran udara yang mengalami peradangan. Ketika suhu sekitar rendah, udara dingin yang masuk ke saluran udara juga menjadi lebih dingin

2.Sakit kepala

Saat musim pancaroba, turunnya tekanan udara, kenaikan tajam kelembapan udara, atau turunnya suhu udara yang tiba-tiba dapat memicu terjadinya sakit kepala terutama migrain.

3.Flu

Udara dingin juga memicu perubahan pada sistem imun. Molekul yang berfungsi untuk mendeteksi virus di dalam sel dan memberi perintah pada sel untuk melawan virus menjadi kurang sensitif pada saat suhu dingin.

4.Nyeri sendi

penurunan tekanan udara dicurigai dapat menyebabkan nyeri sendi. Kita sering merasa linu saat cuaca dingin menyelimuti tubuh kita, pada saat itu juga sistem imun kita sedang drop.

Nah kawan baik, kalo kamu udah mengenal apa itu Pancaroba, terus ancaman penyakit apa saja yang bisa menyerang dan potensi bencana apa saja yang bisa terjadi, kamu harus siap-siap jaga diri yah.