Mengukir Senyum Anak Yatim di Tengah Pandemi

sekolahrelawan.com (5/5/2020) "Sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain"  itu adalah sebuah ungkapan dalam hadist yang diriwayatkan oleh (Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni). Memiliki arti bahwa untuk menjadi hamba-Nya yang baik maka kita harus mampu membantu orang lain, dalam meringakan beban dan membahagiakan melalui kebaikan.

Ada banyak cara yang telah Allah Subhanahu wa ta'ala berikan kepada kita hambanya untuk mendapatkan amal pahala yang bisa membawa kita ke surganya, salah satunya dengan memuliakan anak yatim atau piatu. Karena sesungguhnya anak yatim memiliki kedudukan yang mulia, maka menyayanginya adalah sebuah kebaikan yang amat mulia juga dan sebaliknya menghardiknya adalah sebuah dosa yang membawa kita kepada keburukan.

Hal ini telah dijelaskan oleh Allah SWT melalui firman-firmannya di dalam Al qur'an dan juga telah di ajarkan oleh baginda Rasullulah SAW kepada kita melalui sabdanya, salah satu firman Allah SWT tentang hal ini dalam (Qs Al-baqarah {2} ayat 220) yang artinya yaitu :

"Mereka bertanya kepadamu tentang anak yatim, katakanlah "Memperbaiki keadaan mereka adalah baik"

Sedangkan salah satu hadist Rasulullah yaitu :

Diriwayatkan oleh Abu Ya’la dan Thobrani, Shahih At Targhib Al Albani bahwa“Barang siapa yang mengikutsertakan seorang anak yatim di antara dua orang tua Muslim, dalam makan dan minumnya, sehingga mencukupinya maka ia pasti masuk surga.”

di tengah masa pandemi saat ini jangan biarkan adik-adik yatim kita mersakan kesedihan dan kesulitan, karena sesungguhnya kita tetap bisa memberikan kebahagiaan untuk mereka salah satunya melalui program dari Sekolah Relawan yaitu Belanja Bareng Yatim dan Dhuafa (BBYD) yang akan memberikan mereka hadiah berupa keperluan sekolah, pakaian dan masih bayak lagi, Meski ditengah pandemi BBYD akan tetap dilaksanakan namun kali ini dengan cara yang berbeda dari biasanya agar mereka tetap aman dari ancaman virus.

Yuk kawan baik kita ambil bagian dari terwujudnya senyuman adik-adik yatim kita, menambah pahala dan keberkahan juga di bulan ramadhan.

oleh:Novi