Menjadi Bencana yang Sering Terjadi, Ini Dia Fakta Tentang Gempa Bumi yang Perlu Kita Ketahui

Menjadi Bencana yang Sering Terjadi, Ini Dia Fakta Tentang Gempa Bumi yang Perlu Kita Ketahui

sekolahrelawan.com (26/2/2020) Gempa bumi adalah gempa yang harus kita waspadai sebab Indonesia menjadi salah satu negara yang sering mengalami gempa, bahkan pada (26/2/2020) gempa mengguncang dua wilayah di Indonesia yaitu Lombok Timur dengan magnitudo 3.8 SR dan di Maluku dengan Magnitudo 6.7 SR, oleh sebab itu sudah seharusnya kita memiliki wawasan lebih mengenai gempa bumi.

Pada artikel Kali ini, mari kita sama-sama belajar tentang apa saja hal-hal yang perlu kita ketahui dari gempa bumi untuk menambah wawasan kita lebih banyak lagi tentang bencana.

Penjelasan Tentang Gempa Bumi

Kalau selama ini kamu hanya mendefinisikan gempa bumi adalah sebuah getaran saja, sebenarnya ada penjelasan penting mengenai penyebab di balik getaran itu yang mungkin kamu belum ketahui. Gempa bumi merupakan sebuah getaran yang terjadi di permukaan bumi akibat adanya pelepasan energi dari dalam secara tiba-tiba yang menyebabkan adanya gelombang seismik, yang bisa terjadi karena pergerakan kerak bumi. 

Ada 4 jenis Gempa

Selama ini mungkin kita hanya mengetahui dua jenis gempa saja yaitu tektonik dan vulkanik, padahal ada 2 jenis gempa lagi selain itu yakni gempa bumi Tumbukan yang disebabkan oleh adanya tumbukan meteor atau asteroid yang jatuh ke bumi dan gempa bumi Buatan yang disebabkan oleh aktivitas manusia seperti peledakan dinamit atau nuklir yang dipukulkan ke permukaan bumi.

Perbedaan Skala Ritcher dan Magnitudo

Ketika gempa bumi terjadi pasti tidak pernah terlepas dari kata magnitudo dan skala ritcher, tapi kira-kira apa bedanya ya? ternyata ke dua hal tersebut memiliki perbedaan, skala ritcher sendiri merupakan satuan ukuran gempa yang hanya mengukur kekuatan gempa dari simpangan amplitudo yang tidak menggambarkan energi lengkap dari gempa.

Sedangkan magnitudo adalah satuan ukur gempa yang mengukur kekuatan bedasarkan luas rekahan, panjang slip dan rigiditas (kekakuan) yang lebih lengkap dari skala ritcher.

Kenapa Bisa Menyebabkan Tsunami?

Ketika ada bencana gempa, pasti akan di informasikan apakah gempa itu berpotensi tsunami atau tidak, tapi apakah kalian tahu kenapa gempa bisa menyebabkan tsunami? sebenarnya tsunami bisa terjadi karena patahan gempa bumi yang terjadi di darat memanjang hingga masuk ke lempengan yang berada di dalam laut dan mengakibatkan pergerakan dasar laut dan menggangu keseimbangan air yang berada di atasnya.

Semoga melalui informasi kali ini, kita dapat menambah ilmu pengetahuan mengenai gempa bumi yang lebih luas lagi sebagai baham pembelajaran kita semua.