Nih! 3 Fakta Penggunaan Hand Sanitizer, Supaya Kamu Gak Berlebihan Lagi

sekolahrelawan.com (25/3/2020)- Penggunaan hand sanitizer masih dinilai paling ampuh oleh masyarakat sebagai cara mencegah penularan virus Corona, padahal cuci tangan pakai sabun jauh lebih efektif.

Dampaknya adalah persediaan hand sanitizer serta bahan baku pembuatannya pun mulai langka, namun jika kamu dalam kondisi darurat, menggunakan hand sanitizer sangat diperlukan, coba perhatikan fakta ini.

Penggunaan Hand Sanitizer yang Tepat

Menggunakan hand sanitizer tak selesai sampai di telapak tangan saja, tapi ada cara-cara yang harus dilakukan supaya hand santizer efektif melawan kuman yaitu dengan cara seperti berikut ini :

Pertama tuangkanlah hand sanitizer secukupnya, usap telapak tangan secara perlahan selama 20 detik pada bagian telapak tangan dalam dan luar, sela-sela jari hingga bagian kuku dengan menyeluruh. Tunggu sejenak hingga mengering dengan sendirinya karena hand sanitizer tidak segera aktif, diperlukan setidaknya empat menit untuk efektif melawan kuman. Jangan bilas tangan mu dengan air ataupun mengeringkannya dengan handuk, sebab hal itu akan mengurangi efektivitas hand sanitizer tersebut. Setelah digunakan lima kali, harus segera mencuci tangan dengan air dan sabun untuk mencegah resistensi antiseptik. Jadi jangan pakai dengan asal ya, gunakan dengan bijak melalui cara penggunaan yang tepat.

Dampak Negatif Penggunaan Hand Sanitizer yang Terlalu Sering

Masih banyak orang yang menggunakan hand sanitizer dengan berlebihan, padahal penggunaan hand sanitizer yang berlebih mampu membuat tubuh dan kulit menjadi iritasi atau bahkan resistensi. Hampir semua jenis hand sanitizer memiliki kandungan alkohol dan triclosan, menurut dari beberapa penelitian kedua kandungan utama ini dapat memberikan dampak negatif pada sistem hormonal tubuh yaitu hormone tiroid dan esterogen, bahkan kandungan triclosan dapat mempengaruhi fungsi hati.

Sedangkan kandungan alkohol pada kulit dapat membuat kulit menjadi iritasi, dan mengangkat minyak alami pada tangan, hal ini dapat membuat kulit tangan menjadi lebih kering, pecah-pecah hingga cenderung mudah keriput.

Seberapa Efektif  Hand Sanitizer Mencegah Virus?

Sebenarnya seberapa efektif kah hand sanitizer dalam mencegah virus ? Dilansir dari Popculture, hand sanitizer dikatakan mampu membunuh sebuah virus jika mengandung alkohol sebesar 60%, bahkan dinilai cukup mampu untuk membunuh virus Corona dan beberapa virus lainnya. Maskipun begitu hand sanitizer hanya cukup menjadi opsi ke dua karena mencuci tangan dengan air dan sabun antiseptik lebih utama dalam mencegah virus.

Tak hanya itu, hand sanitizer juga tidak dapat digunakan untuk membersihkan tangan yang sedang kotor, karena fungsi utama hand sanitizer sebenarnya adalah hanya sekedar untuk mengusir kuman dan minyak dari tangan mu, dalam hal ini maka mencuci tangan dengan air dan sabun antiseptik lebih diutamakan ketimbang dengan penggunaan hand sanitizer yang terlalu sering, gunakanlah hand sanitizer ketika kamu kesulitan menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan ya.

Mari mulai sekarang kita gunakan hand sanitizer dengan bijak, jika masih mampu menemukan air dan sabun untuk mencuci tangan, makan jangan memilih hand sanitizer sebagai pilihan utama ya, penggunaan yang tepat akan mendatangkan manfaat yang tepat juga.

oleh:Novi
Editor: Izhar