Orientasi Relawan Ramadhan, Bentuk Edukasi Kerelawanan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Orientasi Relawan Ramadhan, Bentuk Edukasi Kerelawanan Menyambut Bulan Suci Ramadhan

sekolahrelawan.com- Jelang menyambut bulan suci Ramadhan, Sekolah Relawan mengadakan kegiatan edukasi kerelawanan berupa Orientasi Relawan Ramadhan yang telah dilaksanakan pada Minggu, 21 April 2019 di Gedung Rabani Store Depok.

Dibuka oleh Ade Nurpalah sebagai Ketua Program Ramadhan, kegiatan yang dilaksanakan di Lt.4 Gedung Rabani Store Depok ini bertujuan untuk menambah wawasan kerelawanan sebagai penunjang kebaikan relawan dan calon relawan untuk melesatkan aksi kebaikannya.

"bahwa masyarakat Indonesia berpotensi menjadi relawan, karena sikap dermawan kita yang sudah diakui dunia. Tetapi sayangnya, kerelawanan di Indonesia masih identik dengan kebencanaan saja. Maka dari itu Sekolah Relawan sebagai lembaga edukasi kerelawanan melalui program Orientasi Relawan Ramadhan ini ingin menerapkan perspektif kerelawanan yang jauh lebih luas kebermanfaatanya. Kita ingin mendidik bagaimana menjadi relawan yang profesional, bukan hanya sekedar aksi dan selfi" Tegas CEO Sekolah Relawan, Dony Aryanto yang turut hadir dalam kegiatan ini


Orientasi Relawan Ramadhan dihadiri sekitar 50 orang dari berbagai domisili di Jabodetabek, tidak hanya generasi milenials saja yang tertarik pada acara ini, sampai ibu-ibu pun rela meluangkan waktunya untuk dapat belajar bersama dalam kerelawanan.

Antusias mereka sangat luar biasa, menurut data yang dihimpun Sekolah Relawan sudah ada sekitar 800 orang dari 34 kota yang mendaftar sebagai relawan ramadhan. Alhamdulillah, hal ini menunjukkan bahwa keinginan mereka untuk berbuat baik masih melekat dalam dirinya.



Pada Ramadhan tahun ini, Sekolah Relawan memiliki 8 program yang akan dilaksanakan;

1. Kado Sambut Ramadhan, kegiatan berbagi sembako untuk menyambut hadirnya bulan Ramadhan.
2. Food Box, pengadaan showcase di masjid yang akan diisi oleh makanan dan minuman.
3. Naik Pangkat, program pemberdayaan pedagang yang kondisinya belum sejahtera.
4. Free Food Car, berbagi makanan gratis sekaligus melayani penyintas menggunakan armada mobil.
5. Kampung Dugdug, kegiatan buka puasa bersama seluruh warga kampung yang merupakan masyarakat pra sejahtera.
6. Sedekah Lawan Renternir, program pembebasan hutang terhadap lintah darat.
7. Sumur Utsman, pengadaan infrastruktur sumur di desa-desa yang keterbatasan air bersih.
8. Belanja Bareng Anak Yatim, memfasilitasi kebutuhan anak yatim dengan berbelanja bersama mereka.

Calon relawan sangat antusias dengan program-program Sekolah Relawan, ketika penanggung jawab dari masing-masing program memaparkan materi, mereka sangat tertarik. Dibuktikan dengan aktifnya peserta pada sesi tanya jawab.



Tidak hanya pemaparan materi saja, Orientasi Relawan Ramadhan juga memfasilitasi peserta untuk bermain games yang membangun kekompakan dan semangat dalam tim.
Games team building seperti lempar tangkap bola, merangkai menggambar menjadi sarana hiburan dan mempererat hubungan mereka sebagai relawan.

Kegiatan ditutup dengan menjelaskan makna hasil permainan tadi oleh masing-masing kelompok, suasana menjadi riuh bahagia ketika masing-masing kelompok menjelaskan pemahaman secara spontan.

"Saya harap, kegiatan Orientasi Relawan Ramadhan bisa menjadi pemantik teman-teman untuk berbuat kebaikan, yang tidak hanya dilakukan di bulan suci saja tetapi melekat dalam keseharian mereka" ujar Ade Nurpalah.