Pentingnya Menjaga Ahlak Dalam Islam

sekolahrelawan.com (11/5/2020) Beberapa waktu lalu kita dihebohkan dengan vidio yang viral tentang sebuah pemberian bantuan paket sembako yang ternyata itu berisi sampah, dari vidio ini menunjukan bagaimana buruknya ahlak seseorang hingga ia sampai tega hati melakukan hal tersebut di masa sulit seperti ini. Untuk itu sangatlah penting untuk kita memperbaiki ahlak sebagaimana telah di ajarkan Rasulullah SAW.

Agama Islam adalah agama yang sangat mengatur ahlak, menjauhkan kita dari ahlak tercela, hal itu telah dijelaskan dalam Al-qur'an salah satunya dalam surah Al Isro : 53 yaitu : 

 وَقُلْ لِعِبَادِي يَقُولُوا الَّتِي هِيَ أَحْسَنُ  

yang artinya : “Dan Katakanlah kepada hamha-hamba-Ku: “Hendaklah mereka mengucapkan Perkataan yang lebih baik (benar)”

dan hadist Rasulullah SAW yaitu

إِنَّمَا بُعِثْتُ لِأُتَمِّمَ صَالِحَ الْأَخْلَاقِ

yang artinya : Sesungguhnya aku hanyalah diutus untuk menyempurnakan akhlak yang luhur.” (HR. Ahmad no. 8952 dan Al-Bukhari dalam Adaabul Mufrad no. 273. Dinilai shahih oleh Al-Albani dalam Shahih Adaabul Mufrad.)

Terdapat dua macam ahlak yaitu ahlak Al- Karimah dan ahlak mazmumah, berikut ini adalah penjelasannya 

Ahlak Al-Karimah

Ahlak berasal dari bahasa arab memiliki arti yang sebenarnya yaitu budi pekerti, tabiat, tingkah laku, kebiasaan dan perangai, sedangkan ahlak al-karimah (ahlakul karimah) ialah ahlak baik nan terpuji yang menjadikan seorang muslim memiliki tingkah laku yang sesuai dengan ajaran agama islam, di dalamnya meliputi :

- Ahlak terhadap Allah SWT : yang menjelaskan tentang pengakuan dan kesadaran bahwa tiada tuhan selain Allah Subhanahu wa ta'ala, dan tak ada yang mampu menyamai kekuasaan-NYA.

-Ahlak terhadap diri sendiri : ahlak ini menjelaskan untuk mencintai dan menghargai diri sendiri, agar kita menjauhi tindakan yang akan merusak atau melukai diri sendiri.

-Ahlak terhadap sesama manusia : Ahlak yang menentukan baik atau tidaknya kita sebagai mahluk sosial, yang mengajarkan kita untuk menghormati, menghargai dan menjaga perasaan orang lain, jangan sampai merendahkan harga diri seseorang, terutama kepada saudara. Memberikan bantuan terhadap sesama adalah tindakan yang diutamakan.

Ahlak Al-Mazmumah

Memiliki penjelasan yaitu ahlak yang tercela, yang harus kita hindari,meliputi beberapa hal yang mungkin masih sering kita lakukan yaitu : 

Berburuk sangka (suudzon), mempunyai pikiran negatif pada suatu hal atau pada sikap seseorang tanpa mengetahui alasan yang sebenarnya.

Takabur : memiliki arti yang sama dengan sombong, menganggap dirinya lebih mulia atau lebih baik dan  merendahkan orang lain.

Kikir (bakhil) : Sikap dimana seseorang tidak mau memberikan sedikit yang ia miliki untuk membantu orang lain.

Dengki : Iri hati yang amat mendalam pada kenikmatan yang dimiliki orang lain.

Ahlak adalah cerminan agama, ketika ahlak kita baik maka agama kita pun akan dimuliakan, namun ketika ahlak kita buruk maka kepatuhan kita terhadap ajaran agama akan dipertanyakan, jadi tetaplah berbuat baik dan menebarkan kebaikan ya kawan baik, dan jangan pernah merendahkan orang lain.