Serangkaian Tragedi Kemanusiaan yang Terjadi di Awal Tahun Ini

Serangkaian Peristiwa Memprihatinkan yang Terjadi di Sepanjang Januari 2020

sekolahrelawan.com (30/1/2020) Memasuki awal tahun serangkaian tragedi terjadi, dari bencana hingga konflik telah terjadi di sepanjang Januari ini yang tentunya memberikan kesedihan,dan isak tangis sampai menimbulkan korban jiwa, Sekolah relawan telah merangkum serangkaian peristiwa yang memprihatinkan yang terjadi di sepanjang Januari ini sebagai berikut.

Banjir Serta Tanah Longsor di Jabodetabek dan Banten

Curah hujan yang tinggi di penghujung hingga awal tahun menyebabkan wilayah jabodetabek dan Banten terendam banjir, banjir tersebut terjadi pada Rabu (1/1/2020) lalu, tidak hanya banjir, tanah longsor pun terjadi di wilayah Bogor dan Banten, diperkirakan sebanyak 60 orang dinyatakan meninggal dunia dalam bencana ini, kesedihan yang amat dalam tentunya sangat menyelimuti kita semua.

Kebakaran Lahan dan Hutan Australia

Australia juga dilanda duka di awal tahun ini, sebab kebakaran hutan yang sempat terjadi pada 20 Desember 2019 lalu kembali terjadi di Januari ini. Kebakaran ini merupakan kebakaran yang cukup dahsyat, luas lahan yang terbakar mencapai 60.000 km persegi yang setara dengan dua kali luas negara Belgia, sebanyak 28 orang dinyatakan meninggal dunia dan sekitar 480 juta satwa turut menjadi korban dalam tragedi kebakaran ini.

Konflik Perairan Natuna

Tidak hanya bencana, namun di awal tahun ini juga telah terjadi konflik di negeri ini, pasalnya china mengklaim bahwa perairan Natuna yang merupakan perairan milik Indonesia ini merupakan bagian kepemilikan China, hal ini tentu berdampak pada nelayan lokal yang berada di Kabupaten Natuna yang kini tidak bisa melaut lagi, sebab masuknya kapal-kapal ikan dan kapal coast guard milik China di wilayah Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia sejak 10 Desember lalu.

Perang Rudal Antara AS dan Iran

Konflik yang memanas juga terjadi antara negara Amerika Serikat dengan Iran, konflik ini  dapat mengancam kedamaian dunia dikarenakan Perang Dunia III kemungkinan bisa terjadi jika konflik kedua negara ini semakin memanas sebab, jika kedua negara ini berperang tentu akan menarik perhatian negara lain seperti Irak dan Inggris yang pasti akan ikut berperang. Konflik ini juga telah membuat Iran kehilangan Jendral mereka yaitu Qasem Soleimani yang terbunuh oleh serangan Amerika Serikat.

Wabah Virus Corona yang Mematikan

Kejadian luar biasa juga terjadi di Januari ini, dunia sedang dikhawatirkan oleh mewabahnya virus Corona yang mematikan, virus ini pertama kali menyebarkan di Wuhan, provinsi Hubei tengah, China dan kini sebanyak 17 negara menyatakan telah terinfeksi virus ini, negara-negara tersebut ialah : China, Malaysia, Uni Arab Emirat, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Thailand, Singapura, Australia, Amerika Serikat, Kamboja, Nepal, Kanada, Sri langka, Peranciss, Vietnam dan Jerman, bahkan sebanyak 132 orang dinyatakan meninggal dunia, ada 6.056 kasus virus Corona di China dan 70 kasus terjadi diluar china.

Semua tragedi yang terjadi ini merupakan peristiwa yang bisa kita jadikan pelajaran, untuk melakukan hal-hal yang lebih baik lagi dalam mencegah bencana ataupun menjaga persatuan dan kesatuan kita antar bangsa, mari kita bersama-sama berdoa dan berusaha mencegah tragedi kemanusiaan seperti ini tidak terjadi lagi nantinya.

Oleh:Novi
Editor:Izhar