Tradisi Unik dan Khas Saat Idul Adha di Indonesia

sekolahrelawan.com (11/6/2020) Hari Raya Idul Adha juga penuh makna sama seperti idul fitri, saat idul adha pun banyak tradisi unik yang dilakukan demi merayakannya dengan kebahagiaan, di Indonesia ada beberapa tradisi khas nan unik saat idul adha, yuk simak informasinya.

Manten Sapi, Pasuruan

image by : 1001malam.com

Dimulai dari tradisi unik dari Kota Pasuruan di Provinsi Jawa Timur, yaitu "Manten Sapi" tradisi ini merupakan kegiatan dimana hewan qurban yang hendak di sembelih akan dimandikan, lalu dihiasi dengan kembang tujuh rupa dan kemudian akan dibalut kain putih (kain kafan), serban dan sejadah. Hal ini bertujuan sebagai penghormatan hewan qurban tersebut, kemudian semua sapi yang telah di dandani akan di arak oleh warga sekitar untuk menuju ke masjid lalu diserahkan kepada panitian qurban.

Kaul dan Abda'u, Ambon

image by republika.co.id

Dari Kota Pasuruan kita beralih ke Kota Ambon, kota yang berada di wilayah timur Indonesia ini punya tradisi Kaul dan Abda'u yaitu tradisi dimana proses penyembelihan hewan qurban dilakukan dua kali yaitu proses khusus dan umum, proses khusus yakni akan ada tiga kambing yang akan digendong oleh pemuka agama dan pemuka adat yakni satu kambing utama dan dua kambing pendamping yang telah dibalut kain, ketiga kambing tersebut akan diarak sambil diiringi dzikir dan sholawat untuk Nabi Muhammad SAW.

Lalu ribuan warga akan memadati Negeri Tulehu, Maluku Tengah untuk menyaksikan prosesi tersebut, tradisi ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu, lebih tepatnya yaitu sekitar tahun 1600 Masehi ketika terbentuknya pemerintahan otonom yang telah bersyariar islam.

Grebek Gunungan

image by : keratonpedia.co

Tradisi unik yang selanjutnya yaitu Grebeg Gunungan yang dilakukan warga muslim yang ada di Yogyakarta dimana warga akan mengarak hasil panen menjadi tiga buah gunungan dari halaman Keraton sampai Masjid Gede Kauman.

Meski mungkin idul adha kali ini kita rayakan di tengah pandemi, namun semangat kebahagiannya tak boleh berkurang, apalagi kini kita bisa berqurban dengan aman, mudah dan sesuai syariat islam bersama program "Masih Obsesi Berqurban" Sekolah Relawan.