Waspada Terhadap Gempa, dengan 3 Tanda Awal Berikut Ini

Waspada Terhadap Gempa, dengan 3 Tanda Awal Berikut Ini

sekolahrelawan.com (31/1/2020) Gempabumi merupakan bencana yang paling umum terjadi di Indonesia, tentu menjadi salah satu ancaman terbesar yang dapat menimbulkan kerugian fisik dan materi, oleh sebab itu sangat penting untuk kita mengetahui tanda-tanda awal sebelum terjadinya gempa.

Munculnya Awan Gempa

Tanda awal terjadinya gempa dapat terlihat dari munculnya awan gempa, awan ini memiliki bentuk seperti angin puting beliung, pohon atau batang dengan posisi yang tegak atau berdiri.

Terbentuknya awan ini disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya ialah adanya gelombang elektromagnetis akibat adanya patahan atau pergesaran lempeng bumi yang merupakan pemicu terjadinya gempa.

Gelombang elektromagnetis itu kemudian menyerap daya listrik pada awan hal inilah yang menyebabkan mengapa awan ini seolah berbentuk tegak, namun selain gelombang elektromagnetis faktor angin juga dapat membuat awan ini terbentuk, jadi belum bisa dipastikan sepenuhnya apakah gempabumi akan terjadi atau tidak.

Gangguan Pada Fungsi Alat Elektronik

Gempa juga dapat ditandai dengan gangguan pada fungsi alat elektronik yang aneh, seperti lampu neon yang meredup, gangguan suara pada televisi saat menyala dan mesin fax yang berkedip dan terus mengalami kegagalan saat melakukan transmisi data, yang menandakan adanya gelombang elektromagnetis yang kuat diwilayah tersebut, hal ini dapat menjadi tanda meskipun masih berupa kemungkinan. 

Perubahan Tingkah Laku Hewan

Hewan memiliki kemampuan yang kuat untuk merasakan gelombang elektromagnetis, yang membuat mereka dapat merasakan jika gempa akan terjadi, tingkah laku mereka pun dapat berubah, seperti ayam yang berhenti bertelur, atau hewan yang menghilang karena bermigrasi sebagai penyelamatan diri mereka untuk menjauh dari lokasi yang kemungkinan akan terjadi gempa.

Tingkatkan kewaspadaan kita terhadap bencana apa pun, terutama gempabumi sebab gempabumi mampu berpotensi tsunami, tetaplah berdoa untuk meminta perlindungan pada  Tuhan yang maha kuasa agar kita semua bisa terhindar dari segala macam bentuk bencana.

Oleh:Novi
Editor:Izhar