Waspada Virus Corona yang Kini Sedang Mengancam Kita

Waspada Virus Corona dan Lakukan Pencegahan Ini Untuk Keluarga Kita

sekolahrelawan.com (27/1/2020) Dunia sedang digemparkan dengan mewabahnya virus Corona atau disebut juga Novel Coronavirus (2019-nCoV)  sebuah virus yang sudah memakan banyak korban yang tak hanya di daerah asalnya China.

Virus ini pertama kali muncul di daerah Wuhan yaitu salah satu kota di Provinsi Hubei tengah, China yang mulai mewabah pada Desember lalu. Penyebab adanya virus ini kemungkinan besar berasal dari hewan liar yang dijual di pasar Makanan Laut Huanan (Huanan Seafood Market) yang terletak di pusat kota Wuhan.

Bahkan tercatat sebanyak lebih dari 50 orang dinyatakan meninggal dunia dan 2.300 telah terjangkit virus ini. Masyarakat dikhawatirkan dengan penyebaran virus ini yang telah mewabah ke 13 Negara  di luar China yaitu Amerika Serikat, Kanada, Perancis, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Singapura, Thailand, Australia, Nepal, Vietnam, Hongkong, Makau dan Malaysia. Sekolah Relawan telah merangkum informasi lengkap Virus Corona dan juga cara pencegahannya sebagai berikut.

 

Penjelasan Virus Corona

Virus Corona atau disebut juga  Coronavirus (2019-nCoV) merupakan sebuah virus yang menyerang saluran pernafasan yang memiliki kemampuan tinggi untuk menimbulkan penyakit yang fatal, gejala dari virus ini yaitu seperti flu, batuk, demam dan juga sakit kepala dan sesak nafas, virus ini dapat menganggu proses pertukaran udara di paru-paru dan dapat menyebabkan Pneumonia yaitu infeksi atau peradangan akut di jaringan paru yang disebabkan oleh virus dan berbagai mikroorganisme lain, seperti bakteri, parasit, jamur, bila jika telah masuk dan merusak fungsi paru-paru.

Penyebaran virus ini melalui udara seperti batuk, selain itu kontak dengan berjabat tangan atau menyentuh benda dengan virus di atasnya juga merupakan penyebaran virus berbahaya ini.


Pencegahan yang Bisa Dilakukan

Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) telah memberikan standar pencegahan untuk mengurangi terjangkitnya virus corona dengan berbagai cara yaitu :

1. Memakai masker wajah saat keluar rumah, saat anda keluar rumah tentunya anda akan bertemu dengan banyak orang, dan bisa jadi orang yang ada disekitar anda sedang terjangkit virus corona, untuk itu pakailah masker wajah pastikanlah area hidung dan mulut tertutup dengan baik, dan pastikan masker yang anda pakai dalam keadaan bersih.

2. Rutin mencuci tangan , berjabat tangan juga mempermudah terjadinya penyebaran virus corona, maka rutinkanlah mencuci tangan dengan sabun antiseptik, sebelum dan sesudah makan, terutama setelah batuk ataupun bersin.

3. Tutup hidung dan mulut ketika bersin, saat kamu batuk ataupun bersin pastikan anda menutup hidung dan mulut dengan siku yang tertekuk atau bisa juga dengan tisu, untuk mencegah penyebaran virus kepada orang lain ya.

4. Hindari kontak langsung dengan hewan liar, penyebaran virus corona juga dapat terjadi melalui kontak langsung dengan hewan yang kemungkinan sudah terjangkit virus ini, untuk itu perhatikanlah kondisi hewan yang ada disekitar mu terutama hewan peliharaan kesayanganmu.

5. Hindari konsumsi makanan mentah, jika kamu penyuka makanan metah seperti sushi dan shashimi ataupun makanan setengah matang lainnya, maka sebaiknya kamu hindari dulu, sebagai upaya menghidari terjangkitnya virus corona.

Jika gejala sudah mulai dirasakan maka segeralah mencari perawatan medis secepatnya, banyak cara untuk menghindari Virus Corona, yaitu dengan memperhatikan kesehatan diri sendiri dan keluarga, Jika kamu merasakan tanda dan gejala yang dikhawatirkan, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke rumah sakit untuk mendapatkan penanganan medis secepatnya. 

Oleh:Novi
Editor:Izhar