Yuk Kita Bahas 5 Fakta Menarik Seputar Palang Merah Sedunia

Yuk Kita Bahas 3 Fakta Menarik Seputar Palang Merah Sedunia

sekolahrelawan.com (8/5/2020) Hari Palang Merah Internasional selalu diperingati setiap tanggal 08 Mei, tapi kamu sudah tahu belum nih informasi lebih lengkap tentang apa itu Palang Merah Internasional? yuk simak informasi berikut ini, dijamin buat wawasan mu jadi lebih luas lagi lho.

Arti Sebenarnya dari Palang Merah Internasional

Gerakan Palang Merah Internasional atau Bulan Sabit Merah Internasional adalah sebuah lembaga kemanusiaan yang bergerak dalam melindungi dan memberikan bantuan tentang masalah kemanusiaan termasuk didalamnya yaitu melindungi korban luka dalam perang, tawanan, pengungsi, warga sipil dan non kombatan lainnya yang berbasis di Jenewa, Swiss.

Memiliki arti yaitu sebuah gerakan kemanusiaan yang tidak memihak, netral, dan mandiri, yang semata-mata hanya bersifat kemanusiaan. Membantu mengarahkan serta mengkoordinasikan kegiatan bantuan kemanusiaan yang berupaya dalam meperkuat hukum kemanusiaan (humaniter) dan segala prinsip-prinsip kemanusiaan yang universal.

Menjadi Jaringan Kemanusiaan Terbesar di Dunia

Dicetuskan oleh Jean Henry Dunant yang merupakan pria berkebangsaan Swiss,  berawal dari kekhawatirannya akan banyaknya konflik antar agama, suku dan kelompok. pada tanggal 24 juni 1859 ia menyaksikan sendiri pertempuran darah saat ia berada di Solferino, Italia Utara, dimana kala itu Pasukan Prancis dan Italia bertempur melawan pasukan Austria.

Konsep Palang Merah sendiri sudah muncul pada tahun 1859 lalu kemudian pada tahun 1863 ia bersama empat pria lain mendirikan "International Comittee for Relief to the Wounded" yaitu komite Internasional untuk membantu yang terluka di Jenewa, kemudian organisasi ini berganti nama menjadi Palang Merah dan Bulan Sabit Merah pada tahun 1984, hingga kini palang merah memiliki hampir 100 juta anggota, sukarelawan dan pendukung dalam 190 Perhimpunan Nasional.

Sejarah Dibalik Hari PMI Pertama Kali

Tanggal 8 Mei adalah tanggal kelahiran Henry Dunant, namun hari PMI diselenggarakan pertama kali pada tahun 1948, setelah berakhirnya perang dunia pertama, hadirlah sebuah inisiatif yaitu "Gencatan Palang Merah" yang tadinya akan berakhir dalam tiga hari di Cekoslowakia lama, namun saat itu ada sebuah kesepakatan bahwa banyak orang yang menginginkan perdamaian setelah mengalami masa perang selama bertahun-tahun.

yang kemudian Gencatan Palang Merah ini pun menjadi jalan untuk mewujudkan inisiatif perdamaian global, lalu setelah perang dunia ke dua, proposal mengenai hari perdamaian dunia pun diterima setelah adanya persetujuan dari Komite Eksklusif Palang Merah dan akhirnya hari PMI ini diselenggarakan pada tahun tersebut.

Banyak membaca pastinya menambah banyak wawasan yang kita ya kawan baik.


oleh:Novi