Yuk Perdalam Makna yang Terkandung di Balik Indahnya Idul Fitri

sekolahrelawan.com (23/5/2020) Tak terasa kita telah melaksanakan ibadah di bulan Ramadhan, takbir akan berkumandang dan esok kita akan menyambut Hari Raya Idul Fitri. Hari Raya Idul Fitri adalah hari kemenangan untuk umat muslim karena telah mampu melakukan ibadah dan kebaikan di bulan Ramadhan, dengan kembali "buka puasa" atau makan, hal ini dijelaskan dalam hadist Rasulullah SAW yaitu :

”Dari Anas bin Malik: Tak sekali pun Nabi Muhammad SAW. Pergi (untuk shalat) pada hari raya Idul Fitri tanpa makan beberapa kurma sebelumnya." Dalam Riwayat lain: "Nabi SAW. Makan kurma dalam jumlah ganjil." (HR Bukhari). Hal ini menjadi sunnah saat hendak melaksanakan sholat idul fitri yaitu makan atau minum walaupun sedikit, sebagai tanda tibanya 1 Syawal yang dimana waktu yang haram untuk berpuasa.

Hari Raya Idul Fitri berasal dari dua kata yaitu "id" dan "Al-fitri". kata "id" menurut bahasa berasal dari kara aada-ya' uudu yang berarti kembali, namun beberapa pendapat mengatakan bahwa kata "id" merupakan turunan dari kata "Al-Adah" yang memiliki arti yakni kebiasaan atau adat mereka, dan di sebut Hari Raya Id sebab dilaksanakan setiap tahun atau berulang-ulang pada waktu yang sama yakni 1 Syawal.

Sedangkan kata "Fitri" berasal dari kata Fathoru yafthiru yang artinya suci bersih dari segala dosa, kesalahan, keburukan dan kejelekan. Dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW dalam sabdanya yakni :

“Barangsiapa yang berpuasa di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu." (Muttafaq ‘alayh). Barangsiapa yang shalat malam di bulan Ramadhan dengan didasari iman dan semata-mata karena mengharap ridho Allah, maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (Muttafaq ‘alayh).

Untuk kembali dalam hati yang suci maka saling memaafkan adalah hal yang utama, saat Idul Fitri kita akan melengkapinya dengan saling memaafkan biasanya dengan kalimat "Minal aidin wal faizin" yang sebetulnya memiliki kalimat yang lebih tepat yaitu : ”Ja alanallahu wa iyyakum minal aidzin wal faidzin yang artinya yaitu“semoga Allah menjadikan kami dan anda sebagai orang-orang yang kembali dan beruntung”. Jadi, sebetulnya minal aidin wal faizin sendiri berarti orang-orang yang kembali dan beruntung.

Saat Idul Fitri pun biasanya disertai dengan adat atau hal-hal yang menjadi kebiasaan umat muslim baik di Indonesia ataupun amat muslim yang berada di belahan dunia lainnya, seperti  yang paling khas di Indonesia yaitu menikmati hidangan Ketupat sudah identik sekali dengan Idul Fitri atau yang biasa kita sebut lebaran.

Sekolah Relawan mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Tetap bersyukur, berbahagia dan semangat meski kali ini kita merayakannya di tengah pandemi.

oleh:Novi